Langsung ke konten utama

resensi buku psikologi pendidikan karya ngalim purwanto


Judul Buku : Psikologi Pendidikan
Nama Penulis : Drs. M. Ngalim Purwanto,MP.
Jumlah halaman :169 Halaman
Nomor ISBN : 979-514-036-1
Tempat Terbit : Bandung
Penerbit : PT Remaja Rosdakarya
Tahun Terbit : 2013
Buku Psikologi Pendidikan ini terdiri dari IX Bab yaitu sebagai berikut.


BAB I
Pada bab 1 ini berisi tentang pengertian psikologi. Psikologi diterjemahkan menjadi
ilmu jiwa Yakni dari kata psyche yang berarti jiwa, roh, dan logos yang berarti ilmu. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku
manusia. Pada psikologi terdapat obyek  psikologi dan macam-macamnya. Yaitu ada obyek psikologi material (manusia), obyek formal (hakekat jiwa). Dan macam-macam psikologis yaitu psikologi metafisika ( menyelidiki hakekat jiwa), psikologi empiris ( menyelidiki gejala kejiwaan dan tingkah laku manusia). Hubungan psikologi dengan ilmu-ilmu lain yaitu psikologi dan antropologi ( yaitu nilmu tentang manusia). Hubungan psikologi dan sosiologi ( ilmu yang secara langsung  berhubungan dengan tingkah laku manusia). Dan hubungan psikologi dan fisiologi ( ilmu yang mempelajari fungsi-fungsi berbagai organ tubuh manusia). Psikologi pendidikan adalah cabang dari psikologi yang dalam penguraian dan  penelitiannya lebih menekankan pada masalah pertumbuhan dan perkembangan anak, baik fisik maupun mental, yang sangat erat hubungannya dengan masalah pendidikan terutama yang mempengaruhi proses dan keberhasilan belajar. Ruang lingkup pendidikan merupakan ilmu yang memusatkan dirinya pada penemuan dan aplikasi prinsip-prinsip dan teknik-teknik  psikologi ke dalam pendidikan, maka ruang lingkup psikologi pendidikan mencakup topik-topik psikologi yang erat hubungannya dengan pendidikan.

BAB II
Pada bab ini membahas pembawaan, keturunan dan lingkungan. Soal pembawaan ini adalah soal yang tidak mudah dan dengan demikian memerlukan penjelasan dan uraian yang tidak sedikit. Pada aliran nativisme mengatakan bahwa pembawaan menentukan hasil  perkembangan. Aliran empirisme mengatakan bahwa lingkungan yang menentukan hasil  perkembangannya. Hukum konvergensi bahwa pembawaan dan lingkunganlah yang menentukan hasil perkembangan manusia.
BAB III
Pada bab ini yaitu membahas mengapa manusia berinteraksi dengan dunia luar?.
Karena manusia suatu dunia yang buka dirinya sendiri. Tanpa dunia luar dia akan mati. Untuk mencukupi kebutuhannya, melangsungkan dan mengembangkannya, manusia membutuhkan makanan, udara, juga memerlukan persahabatan, ilmu pengetahuan, persekutuan dan kesusilaan.
BAB IV
Pada bab ini membahas tentang berpikir. Berpikir adalah daya yang paling utama dan merupakan ciri yang khas yang membedakan manusia dari hewan. Dengan bahasa manusia dapat memberi nama kepada segala sesuatu yang baik yang kelihatan maupun tidak kelihatan. Adapun macam macam berpikir. Berpikir induktif (umum), berpikir deduktif ( khusus),  berpikir analogis (membandingkan fenomena).
BAB V
Pada bab ini membahas tentang intelejensi. Menurut William Stern intelejensi adalah sebagian besar tergantung dengan dasar dan keturunan. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi intelejensi seseorang yaitu faktor pembawaan, kematangan, pembentukan, minat dan pembawaan yang khas, kebebasan.

BAB VI
Pada bab ini menjelaskan tentang motivasi. Motivasi adalah segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu. Adapun fungsi motivasi adalah mendorong manusia untuk bertindak, menentukan arah perbuatan menyeleksi perbuatan kita.sedangkan tujuan motivasi adalah untuk menggerakkan atau menggugah seseorang agar

timbul keinginan dan kemauannya untuk melakukan sesuatu sehingga dapat memperoleh hasil atau mencapai tujuan tertentu. Ada beberapa teori ,otivasi yaitu teori hedonisme, teori naluri, teori reaksi yang dipelajari, teori daya pendorong, teori kebutuhan, teori Abraham Maslow.
BAB VII
Pada bab ini membahas tentang belajar. Belajar menurut Witherington adalah  perubahan didalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru daripada reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengertian. Adapun macam hubungan belajar. Yaitu belajar dan kematangan, belajar dan penyesuaian diri, belajar dan  pengalaman, belajar dan bermain, belajar dan pengertian, belajar dan menghafal, belajar dan latihan. Ada faktor-faktor yang mempengaruhi belajar yaitu, faktor kematangan/pertumbuhan, kecerdasan/intelejensi, latihan dan ulangan, motivasi,sifat-sifat pribadi seseorang, keadaan keluarga, guru dan cara mengajar, alat-alat pelajaran, motivasi soaial, lingkungan dan kesempatan.
BAB VIII
Pada bab ini menjelaskan tentang The Self dan frustasi. The self adalah semua  penghayatan, anggapan, sikap dan perasaan-perasaan, baik yang didasari maupun tidak di sadari, yang ada pada seseorang tentang dirinya sendiri. Guna the self adalah melindungi diri, mempertahankan diri kita dari kemungkinan kehilangan penghargaan/penghormatan dalam  pandangan kita sendiri, dan berusaha membuat diri kita terpuji dan dihormati. Sedangkan frustasi adalah keadaan batin seseorang. Ketidakseimbangan dalam jiwa, suatu perasaan tidak puas karena hasrat/dorongan yang tidak dapat terpenuhi. Woodworth dalam bukunya Psychologi mengemukakan bahwa rintangan-rintangan yang dapat menimbulkan frustasi dibagi menjadi 4 yaitu, rintangan-rintangan yang bukan manusia, rintangan yang disebabkan orang lain, pertentangan antara motif positif yang terdapat dalam diri orang itu, pertentangan antara motif positif dan motif negatif yang terdapat dalam diri seseorang itu.

BAB IX
Pada bab ini membahas tentang kepribadian (personality). Menurut asal katanya, kepribadian berasal dari bahasa latin
 personare
yang berarti mengeluarkan suara (to sound through). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian dibagi menjadi 3 yaitu, faktor  biologis (berhubungan dengan keadaan jasmani), faktor sosial, faktor kebudayaan,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi 15 Buku Psikologi

DATA BUKU Judul                     : Metode Pembelajaran dan Pengajaran No. ISBN              : 979-25-4456-4 Penulis                 : George Boeree Penerbit               : Ar-Ruz Media Tanggal terbit     : April 2009 Jumlah Hlm         : 182 halaman Harga buku          : - Oleh                     : Arif Prasetyo Metode Pembelajaran dan Pengajaran Kritik dan Sugesti Terhadap Dunia Pendidikan, Pembelajaran, dan Pengajaran             Suskses dengan karya Geo...

resensi buku psikologi pendidikan karya Nyanyu Khodijah

Judul buku :Psikologi Pendidikan Nama penulis : Dr. Nyanyu Khodijah, S.Ag., M.Si Nomor ISBN :978-979-769-680-1 Penerbit : RajaGrafindo Persada Cetakan : Ke-2 Tahun : 2014 Jumlah halaman : 224 halaman