DATA BUKU
Judul :
Metode Pembelajaran dan Pengajaran
No. ISBN :
979-25-4456-4
Penulis :
George Boeree
Penerbit :
Ar-Ruz Media
Tanggal
terbit :
April 2009
Jumlah
Hlm :
182 halaman
Harga buku :
-
Metode
Pembelajaran dan Pengajaran
Kritik
dan Sugesti Terhadap Dunia Pendidikan, Pembelajaran, dan Pengajaran
Suskses dengan karya George Boeree
yang lalu, kini George Boeree telah menulis buku yang berjudul “Metode
Pembelajaran dan Pengajaran” dan buku ini telah mencapai cetakan yang kedua.
Buku ini berisi 13 Bab.
Bab 1 membahas inferioritas di
academia; bab 2 membahas apa itu pendidikan liberal ala pursuit?; bab 3
membahas pembelajaran; bab 4 membahas pengajaran, pembelajaran, dan
fenomenologi makna; bab 5 membahas tentang pemikiran; bab 6 membahas tiga
tingkatan pemikiran; bab 7 membahas memori; bab 8 membahas pandemonium; bab 9
membahas apa itu kesadaran; bab 10 membahas perkembangan bahasa; bab 11
membahas asal-usul bahasa; bab 12 membahas kecerdasan dan IQ; bab 13 membahas
berbagai konsep tentang kecerdasan.
Buku ini
membahas tentang dunia pendidikan, masalah kecerdasan, dan hal-hal yang lain,
buku ini juga akan membawa angin segar bagi setiap dimensi yang dibahasnya.
Kelebihan buku : Kelebihan buku ini
menjelaskan mengenai berbagai factor yang mempengaruhi pengajaran dan
pembelajaran peserta didik dengan bahasan-bahasan yang ringan sehingga tidak
membingungkan pembaca.
Kelemahan buku : Selain kelebihan
diatas, dalam buku ini masih ada kekurangan. Seperti sampul depan yang begitu
sederhana menjadikannya kurang begitu menarik minat membaca dan buku ini
terfokus pada hal-hal yang menyangkut pskologi peserta didik dan penjelasan
mengenai hal-hal praktek terlalu sedikit.
DATA BUKU
Judul : Guru Profesional (Menguasai Metode dan
Terampil Mengajar)
No. ISBN : 978-979-8433-63-4
Penulis : Buchari Alma. dkk
Penerbit :
ALFABETA, cv
Tanggal terbit : Juli 2010
Jumlah Hlm :
178 halaman
Harga buku :
-
Oleh :
Arif Prasetyo
Buku yang ditulis oleh Buchari
Alma. dkk yang berjudul “Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil
Mengajar)” merupakan edisi revisi. Buku ini terdiri dari empat belas bab,
yaitu: bab 1 membahas pendahuluan; bab 2 membahas latihan keterampilan mengajar
terbatas; bab 3 membahas Set Induction dan Closing Procedure; bab 4 membahas
Explaining (Menerangkan); bab 5 membahas
Questioning (Bertanya); bab 6 membahas Reinforcement (Penguatan); bab 7 membahas
variasi metode mengajar; bab 8 membahas keterampilan mengelola kelas; bab 9
membahas cooperative learning; bab 10 membahas pola mengajar dan kegiatan
siswa; bab 11 membahas program pelatihan profesi; bab 12 membahas guru
profesional; bab 13 membahas kepemimpinan entrepreneur untuk perkembangan guru
profesional; bab 14 membahas kode etik guru Indonesia.
Mahasiswa ataupun calon pengajar
tentunya telah memperoleh pengetahuan bidang studi yang sangat lengkap. Sering
terjadi, pengetahuan lengkap yang diperoleh tersebut akan hilang tidak teringat
ketika tampil didepan kelas. hal ini lumrah karena penyakit demam panggung yang
menghinggapi semua praktikan, muka berubah merasa tidak normal, gerakan yang
kaku, salah tingkah dan nada suara serta kalimat muncul tidak teratur, dan
tidak terkontrol. Hasil observasi menunjukkan jangankan pada waktu praktik
mengajar dikelas, jantung para mahasiswa/ praktikan berdebar cepat hanya karena
melihat siswa yang berseragam atau melihat siswa bangunan sekolah. Semua ini
dapat diatasi dengan membiasakan diri terampil dimuka kelas pada setiap
kesempatan kuliah, yang dibimbing oleh masing-masing dosen bidang studi.
Kemudian dilengkapi pula oleh latihan keterampilan mengajar yang terbatas
meliputi:
1. Action dan Set Induction
2. Basic questioning dan reinforcement
3. Explaining
4. Variasi
5. Menjadi supervisor yang mengamati temannya
berlatih, kemudian memberi kritik dan saran untuk memperbaiki apa yang masih
kurang.
Bagi mereka
yang ingin menjadi seorang guru, trainer, atau tenaga pengajar lainnya, semua
bahan keterampilan tersebut, kami sajikan dalam buku penuntun latihan
keterampilan ini beserta tips-tips lainnya yang akan memudahkan kita menguasai
metode mengajar dan keterampilan mengajar.
Kelebihan buku : Buku ini bisa
diguankan sebagai pedoman atau acuan guru untuk menerapkan system pembelajaran
di sekolah karena isinya dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar.
Kelemahan buku : Buku ini masih
terdapat bahasa yang sulit dipahami oleh sebagian kalangan. Halaman sampul buku
ini kurang menarik sehingga untuk sebagian orang tidak tertarik untuk
membacanya.
DATA BUKU
Judul :
Perkembangan Peserta Didik
No. ISBN :
978-602-8800-43-3
Penulis :
Sudarwan Danim
Penerbit :
Alfabeta
Tanggal
terbit :
November 2010
Jumlah
Hlm :
182 halaman
Harga buku :
-
Oleh : Arif Prasetyo
Perkembangan
Peserta Didik
Proses pembelajaran pada semua jenis,
satuan, dan jenjang pendidikan tanpa dipadu dengan pemahaman guru tentang
perkembangan peserta didik hanya akan menjelma sebagai tindakan rambang dan
cenderung antipedagogis. Dengan praktik-praktik anomaly semacam itu,
transformsi bahan ajar oleh guru akan menjelma laksana memilih beragam sajian
menu prasmanan hanya semata-mata atas dasar reka-reka selera makan orang-orang
yang diduga akan hadiir pada sebuah pesta. Tindakan seperti itu pun laksana
merekontruksi sebuah bangunan pengetahuan tanpa fondasi dasar keilmuan yang
kalaupun ada capaiannya, tidak lebih berupa factor kebetulan semata.
Karenanya, menjadi kemutlakan bagi guru
memahami secara luas dan mendalam perkembangan fisik, mental, dan intelektual
peserta didiknya, sebelum dan selama proses pembelajaran berlangsung. Buku ini
ditulis dengan asa untuk membekali calon guru, sebagai modal awal bagi mereka
yang kemudian diharapkan akan menjadi guru yang sesungguhnya.
Buku ini utamanya layak bagi
mahasiswa yang menekuni mata kuliah perkembangan peserta didik atau psikologi
perkembangan. Guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah akan mengambil manfaat
dari buku ini, karena dipandang sangat relevan dengan pengaustamaan tugas dan
fungsi mereka sebagai pendidik dan tenaga kependidikan. Pendidik pada
pendidikan anak usia dini (PAUD), dosen, widyaiswara, penilik, tutor,
instruktur, pamong belajar, penyuluh dan lain-lain diundang untuk membaca buku
ini, khususnya berkaitan dengan isu-isu perkembangan peserta didik ddalam
kerangka berinteraksi dalam proses pembelajaran. Oleh karena menu sajian buku
tidak mendiskriminasi siapa pun, tentu saja semua pihak akan memperoleh manfaat
tersendiri dengan membaca buku ini.
Kelebihan buku : Kelebihan dari buku
ini ialah secara keseluruhan buku ini sudah memaparkan setiap judul dengan
jelas dan diikuti dengan pemberian contoh yang memudahkan memahami isi materi
yang disampaikan.
Kelemahan buku : Selain kelebihan
diatas, dalam buku ini masih ada kekurangan. Seperti sampul depan yang begitu
sederhana menjadikannya kurang begitu menarik minat membaca.
DATA BUKU
Judul :
Psikologi Kepribadian
No. ISBN :
978-979-076-245-9
Penulis :
Ujam Jaenudin
Penerbit :
CV Pustaka Setia
Tanggal
terbit :
November 2012
Jumlah
Hlm :
290 halaman
Harga buku :
-
Oleh : Arif Prasetyo
Psikologi
Kepribadian
Buku yang
ditulis oleh Ujam Jaenudin berjudul “Psikologi Kepribadian“ buku ini berisi 6
bab. Secara definitif, psikologi dapat diartikan sebagai ilmu pegetahuan yang
mempelajari perilaku dan proses mental. Artinya, psikologi adalah ilmu yang
berusaha menjelaskan gejala perilaku manusia. Dalam sejarah, psikologi
mengalami dinamika pemikiran yang menyesuaikan dengan problem yang dihadapi
oleh manusia. Psikologi pada mulanya merupakan cabang metafisika yang
berhubungan dengan konsep tenttang jiwa (soul), kemudian direduksi
pemaknaaannya menjadi pikiran (mind) dan selanjutnya dipersempit menjadi otak
(brain), bahkan dalam mashab behaviorisme, pemaknaannya berubah menjadi
perilaku (behavisior).
Keperibadian
adalah gambaran cara seseorang bertingkah laku terhadaplingkungan sekitarnya,
yang terlihat dari kebiasaan berpikir, sikap dan minat, serta pandangan
hidupnya yang khas untuk mempunyai keajegan. Mampu tidaknya seseorang dalam
mencapai keinginannya bergantung pada vitalitas, temperamen, watak dan
kecerdasan seseorang. William James berpendapat bahwa kepribadian merupakan
unsur kesatuan yang berlapis-lapis, terdiri atas the material self (diri materi), the social self (diri social),
the spiritual self (diri rohani), dan pure ego (ego murni) atau self of selves.
Berbagai upaya
dilakukan untuk mengetahui secara utuh kepribadian manusia yang sesungguhnya.
Ada beberapa sasaran yang diutamakan dalam psikologi kepribadian, yaitu: (1)
memperoleh informasi mengenai tingkah laku manusia; (2) mendorong individu agar
dapat hidup secara penuh dan memuaskan; (3) digunakan untuk berbagai macam
kebutuhan; (4) setelah memahami teori kepribadian ini, kita bisa mendorong
pertumbuhan individu secara optimal (seseorang mengoptimalkan kemampuan diri
sendiri).
Buku psikologi
kepribadian ini membahas semua hal tentang psikologi kepribadian sehingga
membantu pembacanya untuk memahami karakter individu seseorang dan memperkaya
pola pikir sehingga dapat menyikapi dengan positif berbagai persoalan dalam
kehidupannya.
Kelebihan buku
: Kelebihan buku ini ialah membantu pembacanya untuk memahami karakter individu
seseorang dan memperkaya pola pikir sehingga dapat menyikapi dengan positif
berbagai persoalan dalam kehidupan.
Kelemahan buku : Selain kelebihan
diatas, dalam buku ini masih ada kekurangan. Seperti sampul depan yang begitu
sederhana menjadikannya kurang begitu menarik minat membaca.
DA TA BUKU
Judul Buku :
Psikologi Pendidikan
Nama Penulis : Drs.
M. Ngalim Purwanto,MP.
Jumlah halaman :169
Halaman
Nomor ISBN :
979-514-036-1
Tempat Terbit :
Bandung
Penerbit :
PT Remaja Rosdakarya
Tahun Terbit : 2013
Oleh : Arif Prasetyo
Buku Psikologi Pendidikan ini terdiri dari IX Bab yaitu sebagai
berikut
BAB I
Pada bab 1 ini berisi tentang pengertian psikologi. Psikologi
diterjemahkan menjadi
ilmu jiwa Yakni dari kata psyche yang berarti jiwa, roh, dan logos yang
berarti ilmu. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Pada
psikologi terdapat obyek psikologi dan
macam-macamnya. Yaitu ada obyek psikologi material (manusia), obyek formal
(hakekat jiwa). Dan macam-macam psikologis yaitu psikologi metafisika ( menyelidiki
hakekat jiwa), psikologi empiris ( menyelidiki gejala kejiwaan dan tingkah laku
manusia). Hubungan psikologi dengan ilmu-ilmu lain yaitu psikologi dan
antropologi ( yaitu nilmu tentang manusia). Hubungan psikologi dan sosiologi (
ilmu yang secara langsung berhubungan
dengan tingkah laku manusia). Dan hubungan psikologi dan fisiologi ( ilmu yang
mempelajari fungsi-fungsi berbagai organ tubuh manusia). Psikologi pendidikan
adalah cabang dari psikologi yang dalam penguraian dan penelitiannya lebih menekankan pada masalah
pertumbuhan dan perkembangan anak, baik fisik maupun mental, yang sangat erat
hubungannya dengan masalah pendidikan terutama yang mempengaruhi proses dan
keberhasilan belajar. Ruang lingkup pendidikan merupakan ilmu yang memusatkan
dirinya pada penemuan dan aplikasi prinsip-prinsip dan teknik-teknik psikologi ke dalam pendidikan, maka ruang
lingkup psikologi pendidikan mencakup topik-topik psikologi yang erat
hubungannya dengan pendidikan.
BAB II
Pada bab ini membahas pembawaan, keturunan dan lingkungan. Soal
pembawaan ini adalah soal yang tidak mudah dan dengan demikian memerlukan
penjelasan dan uraian yang tidak sedikit. Pada aliran nativisme mengatakan
bahwa pembawaan menentukan hasil
perkembangan. Aliran empirisme mengatakan bahwa lingkungan yang
menentukan hasil perkembangannya. Hukum
konvergensi bahwa pembawaan dan lingkunganlah yang menentukan hasil
perkembangan manusia.
BAB III
Pada bab ini yaitu membahas mengapa manusia berinteraksi dengan dunia
luar?.
Karena manusia suatu dunia yang buka dirinya sendiri. Tanpa dunia luar
dia akan mati. Untuk mencukupi kebutuhannya, melangsungkan dan
mengembangkannya, manusia membutuhkan makanan, udara, juga memerlukan
persahabatan, ilmu pengetahuan, persekutuan dan kesusilaan.
BAB IV
Pada bab ini membahas tentang berpikir. Berpikir adalah daya yang
paling utama dan merupakan ciri yang khas yang membedakan manusia dari hewan.
Dengan bahasa manusia dapat memberi nama kepada segala sesuatu yang baik yang
kelihatan maupun tidak kelihatan. Adapun macam macam berpikir. Berpikir
induktif (umum), berpikir deduktif ( khusus),
berpikir analogis (membandingkan fenomena).
BAB V
Pada bab ini membahas tentang intelejensi. Menurut William Stern
intelejensi adalah sebagian besar tergantung dengan dasar dan keturunan. Adapun
faktor-faktor yang memengaruhi intelejensi seseorang yaitu faktor pembawaan,
kematangan, pembentukan, minat dan pembawaan yang khas, kebebasan.
BAB VI
Pada bab ini menjelaskan tentang motivasi. Motivasi adalah segala
sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu. Adapun
fungsi motivasi adalah mendorong manusia untuk bertindak, menentukan arah
perbuatan menyeleksi perbuatan kita.sedangkan tujuan motivasi adalah untuk
menggerakkan atau menggugah seseorang agar
timbul keinginan dan kemauannya untuk melakukan sesuatu sehingga dapat
memperoleh hasil atau mencapai tujuan tertentu. Ada beberapa teori ,otivasi
yaitu teori hedonisme, teori naluri, teori reaksi yang dipelajari, teori daya
pendorong, teori kebutuhan, teori Abraham Maslow.
BAB VII
Pada bab ini membahas tentang belajar. Belajar menurut Witherington
adalah perubahan didalam kepribadian
yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru daripada reaksi yang berupa
kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengertian. Adapun macam
hubungan belajar. Yaitu belajar dan kematangan, belajar dan penyesuaian diri,
belajar dan pengalaman, belajar dan
bermain, belajar dan pengertian, belajar dan menghafal, belajar dan latihan.
Ada faktor-faktor yang mempengaruhi belajar yaitu, faktor
kematangan/pertumbuhan, kecerdasan/intelejensi, latihan dan ulangan,
motivasi,sifat-sifat pribadi seseorang, keadaan keluarga, guru dan cara
mengajar, alat-alat pelajaran, motivasi soaial, lingkungan dan kesempatan.
BAB VIII
Pada bab ini menjelaskan tentang The Self dan frustasi. The self adalah
semua penghayatan, anggapan, sikap dan
perasaan-perasaan, baik yang didasari maupun tidak di sadari, yang ada pada seseorang
tentang dirinya sendiri. Guna the self adalah melindungi diri, mempertahankan
diri kita dari kemungkinan kehilangan penghargaan/penghormatan dalam pandangan kita sendiri, dan berusaha membuat
diri kita terpuji dan dihormati. Sedangkan frustasi adalah keadaan batin
seseorang. Ketidakseimbangan dalam jiwa, suatu perasaan tidak puas karena
hasrat/dorongan yang tidak dapat terpenuhi. Woodworth dalam bukunya Psychologi
mengemukakan bahwa rintangan-rintangan yang dapat menimbulkan frustasi dibagi
menjadi 4 yaitu, rintangan-rintangan yang bukan manusia, rintangan yang
disebabkan orang lain, pertentangan antara motif positif yang terdapat dalam
diri orang itu, pertentangan antara motif positif dan motif negatif yang
terdapat dalam diri seseorang itu.
BAB IX
Pada bab ini membahas tentang kepribadian (personality). Menurut asal
katanya, kepribadian berasal dari bahasa latin
personare
yang berarti mengeluarkan suara (to sound through). Faktor-faktor yang
mempengaruhi kepribadian dibagi menjadi 3 yaitu, faktor biologis (berhubungan dengan keadaan
jasmani), faktor sosial, faktor kebudayaan,
DATA
BUKU
Judul :
Psikologi Kependidikan; Perangkat Sistem Pengajaran Modul
No.
ISBN :
Penulis :
Prof. DR. H. Abin Syamsuddin Makmun, M.A.
Penerbit :
Rosda
Tanggal
terbit : 2003
Jumlah
Hlm : 377 halaman
Harga
buku : Rp. 95.000,-
Oleh : Arif Prasetyo
Tugas
seorang guru tidak terlepas dari aspek-aspek psikologis yang melatarbelakangi
anak didiknya dalam proses belajar-mengajar. Karena itu, seorang guru penting
sekali dibekali dengan prinsip-prinsip dasar psikologis untuk mendukung
pekerjaannya yang harus mempersiapkan, melaksanakan, mengevaluasi, dan
membimbing proses belajar-mengajar.
Buku
yang satu ini akan menuntun para calon guru untuk memahami psikologi kependidikan
yang relevan dengan tugasnya kelak lewat sistem pengajaran modul. Pemilihan dan
penyusunan, pokok bahasannya dikembangkan dengan berpedoman pada kaidah-kaidah
Sistem Pendidikan Guru berdasarkan kompentensi (CBTE dan PBTE). Sistem
pengajaran Modul Kependidikan (SPMK) ini juga telah didesain untuk memungkinkan
mahasiswa belajar secara aktif (student active learning) dan mandiri (self
instructional).
Perangkat
sistem pengajaran modul ini telah diujicobakan dalam perkuliahan Mata Kuliah
Dasar Kependidikan (MKDK) di berbagai Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan
(LPTK) Prof.Dr.H. Abin Syamsuddin Makmun, M.A. telah menyusunnya untuyk anda,
para dosen mahasiswa LPTK, sekaligus menawarkan konsep baru pengajaran
Psikologi Kependidikan.
DATA
BUKU
Judul :
Psikologi pendidikan
No.
ISBN : 978-602-7874-27-5
Penulis :
Muhammad Irhan & Novan Ardy Wiyanti
Penerbit : AR-RUZZ MEDIA
Tanggal
terbit : 2013
Jumlah
Hlm : 328
halaman
Harga
buku : -
Oleh : Arif Prasetyo
Buku ini berisi
tentang teori dan aplikasi dalam proses pembelajaran yang mengajarkan kepada
anak didik dalam setiap proses pembelajarn dikelas maupun pembelajarn diluar
kelas guru juga bertanggung jawab dalam kegiatan dan pembelajaran murid-murid
nya di antara tanggung jawab guru adalah membantu siswa agar dapat belajar
dengan baik dan memperoleh prestasi yang lebih baik. Makanya, siswa yang
mengalami permasalahan dalam belajar menjadi tugas tersendiri bagi guru yang
menangani dan menyelesekainnya.
Di sinilah urgensi
guru mengusai bidang psikologi pendidikan, yaitu pandai menerapkan prinsip dan
pengetahuan psikologis demi membantu siswa yang memiliki karakteristik beragam
untuk memperoleh pengalaman belajar yang maksimal dalam membangun kepribadian,
kematangan, dan kedewasaan.
Psikologi pendidikan
adalah sebuah studi yang sistematis tentang psikologi yang membahas dan
mempelajari anak didik dalam situasi dan lingkungan pendidikan.
Pembahasannya mencakup proses belajar
mengajar, terutama bagaimana seharusnya siswa belajar, guru mengajar, serta
bagaimana proses belajar dan mengajar seharusnya dilaksanakan. Seorang guru juga diminta turut aktif dalam setiap proses pembelajaran agar
murid yang berada didalam kelas tidak cepat merasa bosan karena guru nya tidak
mempunyai potensi dalam mengajar, guru haruys membekali dirinya sendiri untuk
terjun ke dunia pendidikan, supaya peserta didik juga dengan senang menerimak
seorang guru yang tidak membosankan jika sedang mengajar didalam kelas.
Guru perlu menguasai aspek psikologi
pendidikan karena dalam proses dan penerapan pembelajaran tidak pernah pernah
sepi dari permasalahan, terutama rendahnya prestasi belajar siswa. Dengan
demikian, psikologi pendidikan berperan penting dalam mendampingi dan
membimbing guru dalam mencapai keberhasilan proses pembelajaran.
Kekurangan: isi
dalam bukunya terlihat sangat monoton yang hanya berisi tulisan tulisan, coba
penulis untuk melengkapi dengan gambar atau sebagainya.
Kelebihan: buku
ini terdapat bagaimana cara atau proses belajar di dalam kelas jadi untuk yang
ingin tau bagaimana mengajar di dalam kelas beserta teorinya buku ini sudah
cukup baik dari segi pembelajaran nya.
DATA
BUKU
Judul :
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
No.
ISBN : 9979-8418-00-X
Penulis :
SUGIHARTONO Dkk.
Penerbit : UNY Press
Tanggal
terbit : 2007
Jumlah
Hlm : 192 lembar
Harga
buku : -
Oleh : Arif Prasetyo
Buku
yang berjudul “Psikologi Pendidikan ” merupakan buku yang disusun oleh
Sugihartono, Kartika Nur Fathiyah, Farida Harahap, Farida Agus Setiawati dan
Siti Rohmah Nurhayati. Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari
penerapan teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan. Dalam psikologi
pendidikan dibahas berbagai tingkah laku yang muncul dalam usaha mendewasakan
manusia melalui upaya pengajaran dan latihan. Whiterington (1978)
mendefinisikan psikologi pendidikan sebagai studi sistematis tentang
proses-proses dan faktor-faktor kejiwaan yang berhubungandengan pendidikan
manusia.
Tujuan
disusunnya buku ini adalah:
1.Memberikan
informasi tentang psikologi pendidikan
2.Mengetahui
sikap guru yang profesional
3.Mengetahui
gejala-gejala yang menghambat perkembangan belajar siswa
Manfaatnya
adalah agar mahasiswa yang akan menjadi calon guru mempunyai bekal untuk
mengajar. Dan juga mengetahui gejala-gejala yang dialami peserta didik dan
mampu mengetahui jenis kendala tersebut.
Pada
buku “Psikologi Pendidikan “ terdiri dari 6 bab :
BAB
I Pendahuluan
BAB
II Bentuk-bentuk gejala jiwa dalam pendidikan
BAB
III Perbedaan individual
BAB
IV Belajar dan Pembelajaran
BAB
V Pengukuran dan hasil belajar
BAB
VI Diagnostik kesulitan belajar
Psikologi
pendidikan ialah ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam
bidang pendidikan. Dalam psikologi pendidikan dibahas sebagai tingkah yang
muncul dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan.
Pada
dasarnya psikologi pendidikan mempelajari seluruh tingkah laku manusia yang terlibat
dalam proses pendidikan. Manusia yang terlibat dalam proses pendidikan ini
ialah guru dan siswa, maka objek yang dibahas dalam psikologi pendidikan adalah
tingkah laku siswa yang berkaitan dengan proses belajar dan tingkah laku guru
yang berkaitan dengan proses pembelajaran.
Kelebihan
:
Dalam
buku ini adalah dalam segi penggunaan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca
karena beliau menggunakan bahasa yang sederhana dalam proses penulisannya,
Selain itu kelebihan buku ini adalah memaparkan konsep dan teori-teori
belajar-mengajar yang cukup jelas, Buku ini sangat dianjurkan untuk dibaca bagi
mahasiswa jurusan psikologi maupun mahasiswa jurusan pendidikan. Buku ini
berhasil merekam jejak pendidikan psikologi. Sebuah ilmu yang berusaha memadukan
keunggulan ilmu psikologi dan ilmu pendidikan. Sekaligus mempelajari penerapan
teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan. Dengan memunculkan gagasan
berbagai tokoh yang intens membahas tentang psikologi pendidikan, buku ini
terasa mengakar dan layak dijadikan referensi untuk perkembangan dunia
pendidikan kejiwaan.
Kekurangan
:
Buku
ini adalah pembaca tidak menemukan satu pun ilustrasi/gambar yang membantu
mendekripsikan konsep yang akan diuraikan berkenaan dengan hal
belajar-mengajar.
DATA
BUKU
Judul
buku :Psikologi
Pendidikan
Nama
penulis : Dr. Nyanyu
Khodijah, S.Ag., M.Si
Nomor ISBN :978-979-769-680-1
Penerbit : RajaGrafindo Persada
Cetakan : Ke-2
Tahun : 2014
Jumlah
halaman : 224 halaman
Oleh :
Arif Prasetyo
Buku
ini membahas mengenai psikologi pendidikan, termasuk elemen penting dalam
aktivitas pendididkan. Uraian pembahas dibagi dalam 15 bab, dimulai dari
paparan psikologi secara garis besar kemudian masuk kepada pembahasan psikologi
pendiddikan (terkait dengan definisis ruang lingkup, kegunaan pendekatan, dan
metode penelitian dalam psikologi pendidikan), lalu pembahasan tentang belajar
teori-teori tentang belajar, motivasi belajar hingga kepada pembahasan gaya
strategi belajar dan evaluasi hasil belajar.
Pembahasan
dalam buku ini tidak hanya membahas berbagai hal terkait psikologi pendidikan
menyangkut definisi ruang lingkup metode , objek penelitan, kegunaan dan
lain-lain, melainkan juga memasukan beberapa pembahasan terkait dengan
elemen-elemen atau aspek-aspek di dalam kegiatan pendidikan. Isi konten naskah
ini telah mengakomodir kebutuhan bahan ajar mata kuliah psikologi pendidikan di
aman mata kuliah ini mempelajari tentang proses-proses dan faktor-faktor
psikologis yang berhubungan dengan pendidikan manusia, Materinya melipputi
konsep dasar psikologi pendidikan, gejala-gejala kejiwaan (motivasi dan lain
sebagainya) perbedaan individu, belajar dan pembelajaran, serata evaluasi hasil
belajar.
Pemakaian
bahasa dalam buku psikologi pendidikan secara keseluruhan sudah menggunakan EYD
yang baik dan benar.
Kelebihan buku
:
Kelebihan
buku psikologi pendidikan sangat jelas untuk menjelaskan kepada mahasiswa
mengenai mata kuliah psikologi pendidikan. Mahasiswa dengan mudah memahami
materi yang disebutkan di dalam buku tersebut.
Kekurangan buku
:
Kekurangan
buku psikologi pendidikan adalah tidak ada gambar maka mahasiswa sulit untuk
memahaminya
DATA
BUKU :
Judul
Buku :
PSIKOLOGI PENDIDIKAN 1
Nama
Pengarang : Drs. H. Sukirin
Nama
Penerbit : Perc.
Studing Yogyakarta
Tahun
Tebit : 1986
Tahun
Cetak : Cetakan pertama
Desember 1986
Jumlah
Halaman : 94 halaman
Oleh : Arif Prasetyo
Psikologi
Pendidikan 1
Buku
ini terdiri dari beberapa bab yaitu:
Bab
1 ( Kedudukan Psikologi Pendidikan dalam Ilmu Pendidikan dan
Psikologi
)
Buku
ini secaa garis besar menguraikan apa makna dari psikologi
pendidikan,
dimulai dari kedudukan psikologi pendidikan itu sendiri
dalam
ilmu pendidikan dan psikologi juga menjelaskan mengenai
pengertian
pendidikan, psikologi juga membicarakan mengenai
psikologi
umum. Buku ini dibuat dengan konsep ber jilid, buku yang
akan
saya resensi ini merupakan buku jilid 1.
Pada
bab ini dijelaskan kedudukan psikologi pendidikan dalam kerangka
ilmu
pendidikan dan psikologi. Pada bagian psikologi pendidikan
sebagai
cabang ilmu pendidikan, san penulis memberikan penjelasan
bahwa
psikologi pendidikan adalah bagian dari ilmu pendidikan yang
merupakan
perpaduan antara ilmu pendidikan dan juga psikologi.
Dimana
didalam buku ini dijelaskan pula bahwa psikologi pendidikan
adalah
ilmu yang menopang proses pendidikan. Disini juga dijelaskan
bahwasanya
psikologi pendidikan ditujukan untuk mempermudah proses
belajar
atau bisa di katakana pula bahwa psikologi pendidikan adalah
pendekatan
psikologis terhadap pendidikan.Sedangkan, pada kedudukan
pendidikan
sebagai cabang psikologi disini dijelaskan oleh penulis
bahwasanya
Dahama dan Bhatnagar beranggapan bahwa psikologi
pendidikan
itu adalah cabang khusus dari psikologi umum. Namun pada
akhirnya
dari 2 poin kedudukan psikologi pendidikan di atas dapat
disimpulkan
bahwa di antara kedua poin tersebut tidak perlu
dipertentangkan
dan keduanyapun dapat bergerak tanpa perlu saling
menunggu
dan saling menganggap bahwa psikologi pendidikan itu
merupakan
bidang kerjanya.
Bab
2 ( Pengertian pendidikan )
Pada
bab ini dapat diambil kesimpulan, yang mana makna definisi
pendidikan
ini saya kutip dari kata-kata penulis bahwasanya pendidikan merupakan arahan
perkembangan kepribadian manusia menuju ke tujuan
akhir
hidup kemanusiannya, yaitu kebahagiaan dunia dan akhirat.
Bab
3 ( Pengertian Psikologi)
Di
bab ini dijelaskan perbedaan penyebutan untuk bidang psikologi,
manakah
yang lebih tepat antara mnyebut psikologi dengan ilmu jiwa
atau
dengan psikologi. Rupanya terdapat perbedaan bahwa ilmu jiwa
lebih
mengarah kepada seluruh hal yang berkaitan dengan kejiwaan,
sedangkan
psikologi hanyalah membicarakan hal kejiwaan tersebut dari
segi
ilmiah nya. Dan dari bacaan dapat disimpulkan bahwa psikologi
maupun
ilmu kejiwaan adalah ilmu yang membahas sesuatu dengan
metode
ilmiah yang bersifat positif.
Bab
4 (Psikologi Umum)
Pada
bab ini dijelaskan mengenai psikologi umum dimana psikologi
umum
merupakan cabang psikologi yang lebih membahas pada tingkah
laku
manusia, namun makna dari psikologi umum ini sendiri akan lebih
lebih
jelas terlihat jika dilihat dari materi gejala kejiwaan yang dibahas,
seperti
yang saya kutip dari buku, antara lain: pengamatan, tanggapan,
daya
ingat, fantasi, berpikir, gejala-gejala kehendak, perasaan, perhatian,
sugesti,
kecerdasan, dan watak.
Kelebihan
buku:
Buku
ini memiliki tatanan bahasa yang baik juga mudah untuk
dipahami.
Di dalam buku ini juga terdapat gagasan seorang ahli yang
dapat
dipercaya yang dapat menambah kemantapan kita dalam mencari
makna.
Selain itu, buku ini juga memudahkan orang-orang dalam
memhami
makna psikologi pendidikan itu sendiri.
Kekurangan
buku:
Buku
ini mungkin terlalu menjenuhkan dengan tidak adanya ilustrasi
yang
dapat lebih mewarnai atau membuat menarik buku. Model
hurufnya
juga memperlihatkan bahwa buku ini adalah buku cetakan
lama,
mungkin kedepannya buku ini bisa dicetak ulang kembali dan menyesuaikan model
bacaan zaman sekarang agar lebih banyak yang
tertarik
pada buku ini.
DATA
BUKU
Judul :
Psikologi Belajar
No.
ISBN :
Penulis :
Drs. H. Abu Ahmadi
Penerbit : Rineka Cipta
Tanggal
terbit : 2013
Jumlah
Hlm : 244 halaman
Harga
buku : Rp. 52.000-,
Oleh : Arif Prasetyo
Dalam
setiap buku, novel dan lainnya terdapat resensi yang berupa keunggulan dan
kelemahan suatu buku. Adapun resensi buku “Psikologi Belajar”:
Psikologi
anak luar biasa adalah ilmu jiwa yang mempelajari sifat-sifat karakteristik
anak berkelainan. Kelainan yang dimaksud kelainan fisik cacat tubuh/mental
(terbelakang mental) kelainan pendengaran dan sosial (tuna laras), kelainan pada
syaraf otak (CP) dan cacat tubuh yang lain.adapun masalah kedudukan psikologi
anak luar biasa dengan psikologi yang lain terutama hubungan dengan psikologi
umum tentang gejala jiwa yaitu, Psikologi perkembangan mempelajari perkembangan
dan pertumbuhan anak sejak sebelum lahir sampai masa remaja, termasuk anak
berkelainan, Psikologi pendidikan mempelajari cara-cara dan hasil belajar anak
yang berkelainan, Psikologi abnormal mempelajari tingkah laku yang menyimpang
dari norma-norma yang ada. Dan peranan guru yang telah tercantum dalam buku
psikologi belajar ialah sebagai pembimbing dituntut untuk mengadakan pendekatan
bukan saja melalui pendekatan intruksional akan tetapi dibarengi dengan
pendekatan yang bersifat pribadi (personal ap-roach) dalam setiap proses
belajar mengajar berlangsung. Dalam buku psikologi belajar pun terdapat faktor
yang dapat mempengaruhi Prestasi Belajar seseorang yaitu faktor internal
terlebih dahulu yang pertama Faktor
Jasmaniah (fisiologi) baik yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh.
Yang
kedua Faktor psikologis baik yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh dari
kecerdasan bakat ,sikap, kebiasaan, kebutuhan, motivasi, emosi, dan penyesuaian
diri.
Yang
ketiga faktor kematangan fisik maupun psikis. Dan, yang keempat yaitu faktor
lingkungan spiritual atau keamanan. Dan pula terdapat pengajaran perbaikan atau
remedial teaching adalah suatu bentuk pengajaran yang bersifat menyembuhkan
atau membetulkan,atau dengan singkat pengajaran yang membuat menjadi lebih baik
maka redial teaching itu adalah bentuk khusus pengajaran yang berfungsi untuk
menyembuhkan, membetulkan atau membuat menjadi lebih baik. Adapun tujuan dari
remedial teaching yaitu agar siswa dapat memahami dirinya khususnya prestasi
belajarnya, dapat memperbaiki cara belajar kearah yang lebih baik, dapat
mengembangkan sikap dan kebiasaan yang dapat mendorong tercapainya hasil yang
lebih baik, dapat melaksanakan tugas-tugas belajar yang diberikan kepadanya.
Dalam setiap masing-masing siswa memliki cara belajar yang berbeda dan inilah
cara belajar siswa yang sering mereka gunakan dalam kesehariannya yaitu
ekplorasi, coba-coba, rasa tidak senang, rasa gembira, imitasi, pertisipasi,
komunikasi. Tidak hanya cara belajar yang bervariasi dalam buku ini pun
membahas kesulitan-kesulitan belajar siswa karena kemampuan bahasa sangat
kurang, kemampuan berpikir abstrak kurang, kurangnya kedua hal tersebut karena
kurang latihan dan perhatian dari lingkungan keluarganya, kemungkinan juga guru
bahasa kurang memperhatikan kemampuan anak dalam verbalisasi. Psikologi belajar
pun memiliki evaluasi, dan tujuan umum diadakannya evaluasi yaitu untuk
mengumpulkan data-data yang membuktikan taraf kemajuan murid dalam mencapai
tujuan yang diharapkan, memungkinkan pendidik/guru menilai aktivitas yang didapat,
menilai metode mengajar yang dipergunakan. Dan tujuannya khusunya adalah untuk
merangsang kegiatan siswa, menemukan sebab-sebab kemajuan atau kegagalan,
memberiakan bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan, perkembangan dan bakat
siswa yang bersangkutan, memperbaiki mutu pelajaran/cara belajar dan metode
belajar. Buku Psikologi belajar pun terdapat cara belajar siswa aktif dalam
proses belajar mengajar dan CBSA sendiri memiliki konsep yaitu suatu proses
kegiatan belajar mengajar yang subjek didiknya terlibat secara intelektual dan
emosional sehingga objek didiknya betul-betul berperan dan berpartisipasi aktif
dalam melakukan kegiatan belajar. Dilihat dari subjek didiknya CBSA merupakan
proses kegiatan yang dilakukan siswa dalam rangka belajar. Dalam segi guru
pengajar maka CBSA merupakan bagian strategi mengajar yang menuntut keaktifan
optimal subjek didik. Dan CBSA dapat diartikan salah satu cara strategi
mengajar yang menuntut keaktifan dan partisipasi siswa seoptimal mungkin,
sehingga mampu mengubah tingkah laku siswa secara lebih efektif dan efisien.
Dan kesimpulan menurut Kohler dan Wertheimer menyatakan bahwa siswa yang
belajar harus dapat memperoleh pemahaman daripada hubungan antara bagian-bagian
dan keseluruhan. Dan menurut Teori Lewin ia menjelaskan bahwa tingkah laku
belajar merupakan usaha untuk mengadakan reorganisasi atau restruktur.
Kelebihan dalam buku Psikologi belajar ini dalam setiap Babnya di jelaskan
untuk setiap sub babnya masing-masing sehingga membuat kita semakin jelas dan
terdapat kesimpulannya sehingga mempermudah kita untuk mengerti dalam setiap
bab tanpa harus membaca materi yang sebenarnya mungkin kalau membaca materi
sebenarnya terlihat lebih banyak dan malas untuk membacanya. Dan buku ini pun
menurut saya tidak memiliki kekurangan karna sudah diperjelas dalam setiap
materi per bab.
DATA BUKU
Judul :
Psikologi Kepribadian
No. ISBN :
978-602-229-156-5
Penulis :
Ki Fudyartanta
Penerbit :
Pustaka Pelajar
Tanggal
terbit :
Desember 2012
Jumlah
Hlm :
459 halaman
Harga buku :
-
Psikologi
Kepribadian
Berbagai
Pendekatan: Eksistensial, Trait (Sifat), Teori Medan, Faktorial, Stimulus
Respon (SR) dan Biobudaya Religius
Buku yang ditulis oleh Ki
Fudyartanta berjudul “Psikologi Kepribadian Berbagai Pendekatan: Eksistensial,
Trait (Sifat), Teori Medan, Faktorial, Stimulus Respon (SR) dan Biobudaya
Religius” berisi XIX bab.
Bab 1 membahas psikologi kepribadian
eksistensial; bab 2 membahas psikologi kepribadian konstitusional dari Sheldon;
bab 3 membahas teori medan kepribadian; bab 4 membahas teori sifat kepribadian;
bab 5 membahas teori factor kepribadian dari Cattell; bab 6 membahas teori
kepribadian S-R dari Dollard dan Miller; bab 7 membahas perbandingan teori-teorikepribadian;
bab 8 membahas studi psikologi timur; bab 9 membahas teori kepribadian
Abhidhamma; bab 10 membahas teori kepribadian Jen dari Hsu; bab 11 membahas
selayang pandang gerakan kebatinan Indonesia; bab 12 membahas teori kepribadian
Kramadangsa; bab 13 membahas teori kepribadian pancasila-wawasan
ideologis-filosofis pancasila; bab 14 membahas teori biobudaya-religius; bab 15
membahas ringkasan bahagian kedua; bab 16 membahas teori psikologi kepribadian
hindu; bab 17 membahas teori psikologi kepribadian tionghoa; bab 18 membahas
teori psikologi kepribadian sasangka jati; bab 19 membahas berbagai bagan
kepribadian.
Buku ini diharapkan dapat menjadi
referensi bagi siapa saja yang ingin mempelajari psikologi kepribadian, baik
bagi para mahasiswa psikologi kepribadian, baik para mahasiswa psikologi
khususnya dan pembaca umumnya.
Dalam buku ini, penulis juga mengajukan tambahan
pendekatan baru, ialah pendekatan biobudaya religious untuk mempelajari
kepribadian manusia.
Kelebihan buku : Buku ini
menjelaskan secara rinci teori-teori psikologi kepribadian dan memberi
pemahaman kepada kita tentang psikologi kepribadian
Kelemahan buku : Buku ini isinya
menggunakan kalimat yang tinggi sehingga sebagian kalangan masih kesulitan
dalam memahami kalimat itu.
DATA BUKU
Judul :
Psikologi Perkembangan
No. ISBN :
979-3304-58-8
Penulis :
Hendriati Agustiani
Penerbit :
PT Refika Aditama
Tanggal terbit : Juli
2009
Jumlah Hlm :
235 halaman
Harga buku :
-
Oleh :
Arif Prasetyo
Psikologi
Perkembangan
Pendekatan
Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja
Buku yang ditulis oleh Dr. Hendriati
Agustiani, seorang pengajar tetap pada Fakultas Psikologi Universitas
Padjadjaran sejak 1986 sampai dengan sekarang. Buku yang berjudul “Psikologi
Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian
Diri pada Remaja)” berisi enam bab.
Buku ini menjelaskan tentang proses
kehidupan manusia merupakan proses yang berkelanjutan yang akan melewati
berbagai periode kehidupan. Beberapa periode kehidupan manusia diantaranya
balita, anak-anak, remaja, dewasa, dan lansia. Dalam proses kehidupannya,
manusia senantiasa berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.
Proses perkembangan manusia memberi
pengaruh baik dan buruk. Seorang balita yang belum bisa berjalan, kemudian bisa
berjalan merupakan pengaruh yang baik. Lain halnya dengan seorang anak remaja
yang mencoba mencari jati dirinya dengan cara tawuran dan narkoba merupakan
pengaruh yang buruk. Oleh karena itu, selain diperlukannya penyesuaian diri
terhadap lingkungan, peran orang tua dalam memberikan bimbingan dan pendidikan
kepada anaknya sangatlah penting.
Buku ini menyorot perkembangan
remaja dari sudut pandang psikologi yang erat kaitannya dengan pendekatan orang
tua. Berbagai perubahan fisik dan perilaku pada diri remaja, serta pendekatan
orang tua dan guru terhadap remaja disajikan dalam buku ini.
Kelebihan buku : Halaman sampul
buku ini menarik dan pembahasan dalam buku ini sesuai dengan judulnya. Buku ini
memaparkan pendekatan orang tua dan guru terhadap remaja.
Kelemahan buku : Ada beberapa
kata-kata yang sulit dipahami hanya dengan sekali baca, oleh karenanya harus
dibaca ulang supaya dapat memahami makna yang dimaksud.
DATA BUKU
Judul : Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran
No. ISBN :
979-526-242-4
Penulis :
Hamzah B. Uno
Penerbit :
PT Bumi Aksara
Tanggal
terbit :
November 2008
Jumlah
Hlm :
232 halaman
Harga
buku : -
Orientasi
Baru dalam Psikologi Pembelajaran
Buku yang ditulis oleh Hamzah B. Uno
berjudul “Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran” telah mencapai cetakan
yang ketiga. Pembelajaran merupakan upaya membelajarkan siswa untuk
membelajarkan seseorang, diperlukan pijakan teor agar apa yang dilakukan guru,
dosen, pelatih, instruktur maupun siapa saja yang berkeinginan untuk
membelajarkan orang dapat berhasi lengan baik. Ada dua pijakan teori yang dapat
dijadikan pegangan agar pembelajaran berhasil dengan baik. Kedua teori tersebut
adalah teori belajar yang bersifat deskriptif. Teori ini memberikan bagaimana
seseorang melakukan kegiatan belajar. Teori belajar yang banyak diterapkan oleh
para ahli pembelajaran itu meliputi teori behavisioristik, teori kognitivistik,
teori humanistic, dan teori belajar sibernetik. Bahkan belakangan berkembang
teori konstruktivistik. Semua teori belajar ini dipaparkan secara detai oleh
penulis yang dikenal sebagai doctor dalam bidang teknologi pembelajaran.
Pijakan teori kedua yang dipaparkan pada
buku ini adalah teori pembelajaran atau teori preskriptif. Teori ini memerikan
bagaimana seseorang memengaruhi atau mendesain lingkungan belajar agar seseorang
tertarik untuk belajar. Pemikiran para pakar pembelajaran seperti Gagne,
Reigeluth, Merrill, Romizozki, Dick and Carey, Andreson, Landa serta pakar
lainnya banyak diuraikan dalam buku ini sehingga membantu kita untuk mendisain
pembelajaran dengan baik.
Dalam buku ini, juga diberikan
contoh-contoh terapan berbagai teori, baik teori belajar maupun teori
pembelajaran yang mudah dipahami bukan saja oleh perancang pembelajaran, tetapi
mahasiswa baik S-1, S-2, S-3, guru SD sampa SLTA/SMK, Instruktur dalam lembaga
pelatihan, apalagi dosen perguruan tinggi akan sangat terbantu dengan buku ini.
Kelebihan buku : Kelebihan buku ini
adalah memberikan penjelasan, informasi dan wawasan mengenai pendidikan,
psikologi dan pembahasan-pembahasan yang menyertainya.
Kelemahan buku : Selain kelebihan
diatas, dalam buku ini masih ada kekurangan. Seperti sampul depan yang begitu
sederhana menjadikannya kurang begitu menarik minat membaca.
DATA BUKU
Judul :
Pedagogik (Ilmu Mendidik)
No. ISBN :
978-602-8361-84-2
Penulis :
Uyoh Sadulloh. dkk
Penerbit :
ALFABETA, cv
Tanggal
terbit :
Maret 2011
Jumlah
Hlm :
214 halaman
Harga buku :
-
Oleh : Arif Prasetyo
Pedagogik
(Ilmu Mendidik)
Lapangan pendidikan merupakan
wilayah yang sangat luas. Ruang lingkupnya mencakup seluruh pengalaman dan
pemikiran manusia tentang pendidikan. Setiap orang pernah mendengar tentang
perkataan pendidikan, dan setiap orang waktu kecilnya pernah mengalami
pendidikan, atau setiap orang sebagai orang tua, guru, telah melaksanakan
pendidikan. Namun tidak setiap orang mengerti apa arti yang sebenarnya
pendidikan itu, dan tidak setiap orang mengalami pendidikan ataupun menjalankan
pendidikan sebagaimana mestinya. Karena itu untuk memahami seluk beluk
pendidikan kita perlu mempelajari ilmu pendidikan.
Pedagogik merupakan ilmu yang
membahas pendidikan, yaitu ilmu pendidikan anak. Jadi pedagogic mencoba
menjelaskan tentang seluk-beluk pendidikan anak, pedagogik merupakan teori
pendidikan anak. Pedagogik sebagai ilmu sangat dibutuhkan oleh gguru. Tugas
guru bukan hanya mengajar untuk menyampaikan, atau mentransformasikan pengetahuan
kepada para anak disekolah, melainkan guru mengemban tugas untuk menembangakan
kepribadian anak didiknya secara terpadu. Guru mengembangkan sikap mental anak,
sehingga ia (anak) akan sensitive terhadap masalah-masalah kemanusiaan, harkat
derajat manusia, dan menghargai sesame manusia. Begitu juga guru harus
mengembangkan keterampilan anak, keterampilan hidup dimasyarakat sehingga ia
mampu untuk menghadapi segala permasalahan hidupnya.
Buku ini dirasa sangat penting
dipelajari semua orang, terutama calon guru.
Kelebihan buku : Kelebihan dari buku
ini ialah secara keseluruhan buku ini sudah memaparkan setiap judul dengan
jelas dan diikuti dengan pemberian contoh yang memudahkan memahami isi materi
yang disampaikan
Kelemahan buku : Kelemahan
buku ini ialah halaman sampul yang sangat sederhana dan ada beberapa kalimat
yang sulit dipahami oleh sebgaian kalangan.
Komentar
Posting Komentar