Langsung ke konten utama

Resensi 15 Buku Psikologi






DATA BUKU

Judul                   : Metode Pembelajaran dan Pengajaran
No. ISBN            : 979-25-4456-4
Penulis                : George Boeree
Penerbit              : Ar-Ruz Media
Tanggal terbit    : April 2009
Jumlah Hlm       : 182 halaman
Harga buku        : -
Oleh                   : Arif Prasetyo

Metode Pembelajaran dan Pengajaran
Kritik dan Sugesti Terhadap Dunia Pendidikan, Pembelajaran, dan Pengajaran

            Suskses dengan karya George Boeree yang lalu, kini George Boeree telah menulis buku yang berjudul “Metode Pembelajaran dan Pengajaran” dan buku ini telah mencapai cetakan yang kedua. Buku ini berisi 13 Bab.
        Bab 1 membahas inferioritas di academia; bab 2 membahas apa itu pendidikan liberal ala pursuit?; bab 3 membahas pembelajaran; bab 4 membahas pengajaran, pembelajaran, dan fenomenologi makna; bab 5 membahas tentang pemikiran; bab 6 membahas tiga tingkatan pemikiran; bab 7 membahas memori; bab 8 membahas pandemonium; bab 9 membahas apa itu kesadaran; bab 10 membahas perkembangan bahasa; bab 11 membahas asal-usul bahasa; bab 12 membahas kecerdasan dan IQ; bab 13 membahas berbagai konsep tentang kecerdasan.        
Buku ini membahas tentang dunia pendidikan, masalah kecerdasan, dan hal-hal yang lain, buku ini juga akan membawa angin segar bagi setiap dimensi yang dibahasnya.
           
Dunia pendidikan adalah dunia yang penuh kritik dinegeri ini. Meski buku ini berbicara dalam konteks Amerika, tapi Boeree tetap saja cerdas memetakan apa dan bagaimana fungsi serta peran pendidikan itu sendiri, dan semua itu akan dibahas dalam bingkai psikologi yang menjadi bidang keilmuannya selama ini. Sebagai tambahan, Boeree juga membahas tentang pentingnya pembelajaran dan bagaaimana agar pembelajaran itu tepat sasaran. Selain itu, ia membahas bagaimana asal-usul bahasa dan perkembangannya, yang semua itu sangat berguna agar kita bisa cerdas dalam belajar dan berpendidikan.
      Kelebihan buku : Kelebihan buku ini menjelaskan mengenai berbagai factor yang mempengaruhi pengajaran dan pembelajaran peserta didik dengan bahasan-bahasan yang ringan sehingga tidak membingungkan pembaca.
            Kelemahan buku : Selain kelebihan diatas, dalam buku ini masih ada kekurangan. Seperti sampul depan yang begitu sederhana menjadikannya kurang begitu menarik minat membaca dan buku ini terfokus pada hal-hal yang menyangkut pskologi peserta didik dan penjelasan mengenai hal-hal praktek terlalu sedikit.


 





DATA BUKU

Judul                  : Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar)
No. ISBN           : 978-979-8433-63-4
Penulis               : Buchari Alma. dkk
Penerbit             : ALFABETA, cv
Tanggal terbit    : Juli 2010
Jumlah Hlm       : 178 halaman
Harga buku        : -
Oleh                   : Arif Prasetyo

                Buku yang ditulis oleh Buchari Alma. dkk yang berjudul “Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar)” merupakan edisi revisi. Buku ini terdiri dari empat belas bab, yaitu: bab 1 membahas pendahuluan; bab 2 membahas latihan keterampilan mengajar terbatas; bab 3 membahas Set Induction dan Closing Procedure; bab 4 membahas Explaining (Menerangkan); bab 5  membahas Questioning (Bertanya); bab 6 membahas Reinforcement (Penguatan); bab 7 membahas variasi metode mengajar; bab 8 membahas keterampilan mengelola kelas; bab 9 membahas cooperative learning; bab 10 membahas pola mengajar dan kegiatan siswa; bab 11 membahas program pelatihan profesi; bab 12 membahas guru profesional; bab 13 membahas kepemimpinan entrepreneur untuk perkembangan guru profesional; bab 14 membahas kode etik guru Indonesia.
            Mahasiswa ataupun calon pengajar tentunya telah memperoleh pengetahuan bidang studi yang sangat lengkap. Sering terjadi, pengetahuan lengkap yang diperoleh tersebut akan hilang tidak teringat ketika tampil didepan kelas. hal ini lumrah karena penyakit demam panggung yang menghinggapi semua praktikan, muka berubah merasa tidak normal, gerakan yang kaku, salah tingkah dan nada suara serta kalimat muncul tidak teratur, dan tidak terkontrol. Hasil observasi menunjukkan jangankan pada waktu praktik mengajar dikelas, jantung para mahasiswa/ praktikan berdebar cepat hanya karena melihat siswa yang berseragam atau melihat siswa bangunan sekolah. Semua ini dapat diatasi dengan membiasakan diri terampil dimuka kelas pada setiap kesempatan kuliah, yang dibimbing oleh masing-masing dosen bidang studi. Kemudian dilengkapi pula oleh latihan keterampilan mengajar yang terbatas meliputi:
1.      Action dan Set Induction
2.      Basic questioning dan reinforcement
3.      Explaining
4.      Variasi
5.    Menjadi supervisor yang mengamati temannya berlatih, kemudian memberi kritik dan saran untuk memperbaiki apa yang masih kurang.
Bagi mereka yang ingin menjadi seorang guru, trainer, atau tenaga pengajar lainnya, semua bahan keterampilan tersebut, kami sajikan dalam buku penuntun latihan keterampilan ini beserta tips-tips lainnya yang akan memudahkan kita menguasai metode mengajar dan keterampilan mengajar.
        Kelebihan buku : Buku ini bisa diguankan sebagai pedoman atau acuan guru untuk menerapkan system pembelajaran di sekolah karena isinya dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar.
         Kelemahan buku : Buku ini masih terdapat bahasa yang sulit dipahami oleh sebagian kalangan. Halaman sampul buku ini kurang menarik sehingga untuk sebagian orang tidak tertarik untuk membacanya.






 


DATA BUKU

Judul                  : Perkembangan Peserta Didik
No. ISBN           : 978-602-8800-43-3
Penulis               : Sudarwan Danim
Penerbit             : Alfabeta
Tanggal terbit    : November 2010
Jumlah Hlm       : 182 halaman
Harga buku        : -
Oleh                   : Arif Prasetyo

Perkembangan Peserta Didik

     Proses pembelajaran pada semua jenis, satuan, dan jenjang pendidikan tanpa dipadu dengan pemahaman guru tentang perkembangan peserta didik hanya akan menjelma sebagai tindakan rambang dan cenderung antipedagogis. Dengan praktik-praktik anomaly semacam itu, transformsi bahan ajar oleh guru akan menjelma laksana memilih beragam sajian menu prasmanan hanya semata-mata atas dasar reka-reka selera makan orang-orang yang diduga akan hadiir pada sebuah pesta. Tindakan seperti itu pun laksana merekontruksi sebuah bangunan pengetahuan tanpa fondasi dasar keilmuan yang kalaupun ada capaiannya, tidak lebih berupa factor kebetulan semata.
       Karenanya, menjadi kemutlakan bagi guru memahami secara luas dan mendalam perkembangan fisik, mental, dan intelektual peserta didiknya, sebelum dan selama proses pembelajaran berlangsung. Buku ini ditulis dengan asa untuk membekali calon guru, sebagai modal awal bagi mereka yang kemudian diharapkan akan menjadi guru yang sesungguhnya.
            Buku ini utamanya layak bagi mahasiswa yang menekuni mata kuliah perkembangan peserta didik atau psikologi perkembangan. Guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah akan mengambil manfaat dari buku ini, karena dipandang sangat relevan dengan pengaustamaan tugas dan fungsi mereka sebagai pendidik dan tenaga kependidikan. Pendidik pada pendidikan anak usia dini (PAUD), dosen, widyaiswara, penilik, tutor, instruktur, pamong belajar, penyuluh dan lain-lain diundang untuk membaca buku ini, khususnya berkaitan dengan isu-isu perkembangan peserta didik ddalam kerangka berinteraksi dalam proses pembelajaran. Oleh karena menu sajian buku tidak mendiskriminasi siapa pun, tentu saja semua pihak akan memperoleh manfaat tersendiri dengan membaca buku ini.
        Kelebihan buku : Kelebihan dari buku ini ialah secara keseluruhan buku ini sudah memaparkan setiap judul dengan jelas dan diikuti dengan pemberian contoh yang memudahkan memahami isi materi yang disampaikan.
        Kelemahan buku : Selain kelebihan diatas, dalam buku ini masih ada kekurangan. Seperti sampul depan yang begitu sederhana menjadikannya kurang begitu menarik minat membaca.





 


DATA BUKU

Judul                   : Psikologi Kepribadian
No. ISBN            : 978-979-076-245-9
Penulis                : Ujam Jaenudin
Penerbit              : CV Pustaka Setia
Tanggal terbit     : November 2012
Jumlah Hlm        : 290 halaman
Harga buku         : -
Oleh                     : Arif Prasetyo

Psikologi Kepribadian

Buku yang ditulis oleh Ujam Jaenudin berjudul “Psikologi Kepribadian“ buku ini berisi 6 bab. Secara definitif, psikologi dapat diartikan sebagai ilmu pegetahuan yang mempelajari perilaku dan proses mental. Artinya, psikologi adalah ilmu yang berusaha menjelaskan gejala perilaku manusia. Dalam sejarah, psikologi mengalami dinamika pemikiran yang menyesuaikan dengan problem yang dihadapi oleh manusia. Psikologi pada mulanya merupakan cabang metafisika yang berhubungan dengan konsep tenttang jiwa (soul), kemudian direduksi pemaknaaannya menjadi pikiran (mind) dan selanjutnya dipersempit menjadi otak (brain), bahkan dalam mashab behaviorisme, pemaknaannya berubah menjadi perilaku (behavisior).
Keperibadian adalah gambaran cara seseorang bertingkah laku terhadaplingkungan sekitarnya, yang terlihat dari kebiasaan berpikir, sikap dan minat, serta pandangan hidupnya yang khas untuk mempunyai keajegan. Mampu tidaknya seseorang dalam mencapai keinginannya bergantung pada vitalitas, temperamen, watak dan kecerdasan seseorang. William James berpendapat bahwa kepribadian merupakan unsur kesatuan yang berlapis-lapis, terdiri atas the material self  (diri materi), the social self (diri social), the spiritual self (diri rohani), dan pure ego (ego murni) atau self of selves.
Berbagai upaya dilakukan untuk mengetahui secara utuh kepribadian manusia yang sesungguhnya. Ada beberapa sasaran yang diutamakan dalam psikologi kepribadian, yaitu: (1) memperoleh informasi mengenai tingkah laku manusia; (2) mendorong individu agar dapat hidup secara penuh dan memuaskan; (3) digunakan untuk berbagai macam kebutuhan; (4) setelah memahami teori kepribadian ini, kita bisa mendorong pertumbuhan individu secara optimal (seseorang mengoptimalkan kemampuan diri sendiri).
Buku psikologi kepribadian ini membahas semua hal tentang psikologi kepribadian sehingga membantu pembacanya untuk memahami karakter individu seseorang dan memperkaya pola pikir sehingga dapat menyikapi dengan positif berbagai persoalan dalam kehidupannya.
Kelebihan buku : Kelebihan buku ini ialah membantu pembacanya untuk memahami karakter individu seseorang dan memperkaya pola pikir sehingga dapat menyikapi dengan positif berbagai persoalan dalam kehidupan.
            Kelemahan buku : Selain kelebihan diatas, dalam buku ini masih ada kekurangan. Seperti sampul depan yang begitu sederhana menjadikannya kurang begitu menarik minat membaca.






 


DATA BUKU

Judul Buku                   : Psikologi Pendidikan
Nama Penulis              : Drs. M. Ngalim Purwanto,MP.
Jumlah halaman         :169 Halaman
Nomor ISBN                : 979-514-036-1
Tempat Terbit             : Bandung
Penerbit                      : PT Remaja Rosdakarya
Tahun Terbit               : 2013
Oleh                             : Arif Prasetyo



Buku Psikologi Pendidikan ini terdiri dari IX Bab yaitu sebagai berikut
BAB I
Pada bab 1 ini berisi tentang pengertian psikologi. Psikologi diterjemahkan menjadi
ilmu jiwa Yakni dari kata psyche yang berarti jiwa, roh, dan logos yang berarti ilmu. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Pada psikologi terdapat obyek  psikologi dan macam-macamnya. Yaitu ada obyek psikologi material (manusia), obyek formal (hakekat jiwa). Dan macam-macam psikologis yaitu psikologi metafisika ( menyelidiki hakekat jiwa), psikologi empiris ( menyelidiki gejala kejiwaan dan tingkah laku manusia). Hubungan psikologi dengan ilmu-ilmu lain yaitu psikologi dan antropologi ( yaitu nilmu tentang manusia). Hubungan psikologi dan sosiologi ( ilmu yang secara langsung  berhubungan dengan tingkah laku manusia). Dan hubungan psikologi dan fisiologi ( ilmu yang mempelajari fungsi-fungsi berbagai organ tubuh manusia). Psikologi pendidikan adalah cabang dari psikologi yang dalam penguraian dan  penelitiannya lebih menekankan pada masalah pertumbuhan dan perkembangan anak, baik fisik maupun mental, yang sangat erat hubungannya dengan masalah pendidikan terutama yang mempengaruhi proses dan keberhasilan belajar. Ruang lingkup pendidikan merupakan ilmu yang memusatkan dirinya pada penemuan dan aplikasi prinsip-prinsip dan teknik-teknik  psikologi ke dalam pendidikan, maka ruang lingkup psikologi pendidikan mencakup topik-topik psikologi yang erat hubungannya dengan pendidikan.

BAB II
Pada bab ini membahas pembawaan, keturunan dan lingkungan. Soal pembawaan ini adalah soal yang tidak mudah dan dengan demikian memerlukan penjelasan dan uraian yang tidak sedikit. Pada aliran nativisme mengatakan bahwa pembawaan menentukan hasil  perkembangan. Aliran empirisme mengatakan bahwa lingkungan yang menentukan hasil  perkembangannya. Hukum konvergensi bahwa pembawaan dan lingkunganlah yang menentukan hasil perkembangan manusia.
BAB III
Pada bab ini yaitu membahas mengapa manusia berinteraksi dengan dunia luar?.
Karena manusia suatu dunia yang buka dirinya sendiri. Tanpa dunia luar dia akan mati. Untuk mencukupi kebutuhannya, melangsungkan dan mengembangkannya, manusia membutuhkan makanan, udara, juga memerlukan persahabatan, ilmu pengetahuan, persekutuan dan kesusilaan.
BAB IV
Pada bab ini membahas tentang berpikir. Berpikir adalah daya yang paling utama dan merupakan ciri yang khas yang membedakan manusia dari hewan. Dengan bahasa manusia dapat memberi nama kepada segala sesuatu yang baik yang kelihatan maupun tidak kelihatan. Adapun macam macam berpikir. Berpikir induktif (umum), berpikir deduktif ( khusus),  berpikir analogis (membandingkan fenomena).
BAB V
Pada bab ini membahas tentang intelejensi. Menurut William Stern intelejensi adalah sebagian besar tergantung dengan dasar dan keturunan. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi intelejensi seseorang yaitu faktor pembawaan, kematangan, pembentukan, minat dan pembawaan yang khas, kebebasan.

BAB VI
Pada bab ini menjelaskan tentang motivasi. Motivasi adalah segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu. Adapun fungsi motivasi adalah mendorong manusia untuk bertindak, menentukan arah perbuatan menyeleksi perbuatan kita.sedangkan tujuan motivasi adalah untuk menggerakkan atau menggugah seseorang agar

timbul keinginan dan kemauannya untuk melakukan sesuatu sehingga dapat memperoleh hasil atau mencapai tujuan tertentu. Ada beberapa teori ,otivasi yaitu teori hedonisme, teori naluri, teori reaksi yang dipelajari, teori daya pendorong, teori kebutuhan, teori Abraham Maslow.
BAB VII
Pada bab ini membahas tentang belajar. Belajar menurut Witherington adalah  perubahan didalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru daripada reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepandaian, atau suatu pengertian. Adapun macam hubungan belajar. Yaitu belajar dan kematangan, belajar dan penyesuaian diri, belajar dan  pengalaman, belajar dan bermain, belajar dan pengertian, belajar dan menghafal, belajar dan latihan. Ada faktor-faktor yang mempengaruhi belajar yaitu, faktor kematangan/pertumbuhan, kecerdasan/intelejensi, latihan dan ulangan, motivasi,sifat-sifat pribadi seseorang, keadaan keluarga, guru dan cara mengajar, alat-alat pelajaran, motivasi soaial, lingkungan dan kesempatan.
BAB VIII
Pada bab ini menjelaskan tentang The Self dan frustasi. The self adalah semua  penghayatan, anggapan, sikap dan perasaan-perasaan, baik yang didasari maupun tidak di sadari, yang ada pada seseorang tentang dirinya sendiri. Guna the self adalah melindungi diri, mempertahankan diri kita dari kemungkinan kehilangan penghargaan/penghormatan dalam  pandangan kita sendiri, dan berusaha membuat diri kita terpuji dan dihormati. Sedangkan frustasi adalah keadaan batin seseorang. Ketidakseimbangan dalam jiwa, suatu perasaan tidak puas karena hasrat/dorongan yang tidak dapat terpenuhi. Woodworth dalam bukunya Psychologi mengemukakan bahwa rintangan-rintangan yang dapat menimbulkan frustasi dibagi menjadi 4 yaitu, rintangan-rintangan yang bukan manusia, rintangan yang disebabkan orang lain, pertentangan antara motif positif yang terdapat dalam diri orang itu, pertentangan antara motif positif dan motif negatif yang terdapat dalam diri seseorang itu.

BAB IX
Pada bab ini membahas tentang kepribadian (personality). Menurut asal katanya, kepribadian berasal dari bahasa latin
 personare
yang berarti mengeluarkan suara (to sound through). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian dibagi menjadi 3 yaitu, faktor  biologis (berhubungan dengan keadaan jasmani), faktor sosial, faktor kebudayaan,










DATA BUKU

Judul                            : Psikologi Kependidikan; Perangkat Sistem Pengajaran Modul
No. ISBN                      :
Penulis                         : Prof. DR. H. Abin Syamsuddin Makmun, M.A.
Penerbit                       : Rosda
Tanggal terbit             : 2003
Jumlah Hlm                 : 377 halaman
Harga buku                  : Rp. 95.000,-
Oleh                            : Arif Prasetyo


Tugas seorang guru tidak terlepas dari aspek-aspek psikologis yang melatarbelakangi anak didiknya dalam proses belajar-mengajar. Karena itu, seorang guru penting sekali dibekali dengan prinsip-prinsip dasar psikologis untuk mendukung pekerjaannya yang harus mempersiapkan, melaksanakan, mengevaluasi, dan membimbing proses belajar-mengajar.

Buku yang satu ini akan menuntun para calon guru untuk memahami psikologi kependidikan yang relevan dengan tugasnya kelak lewat sistem pengajaran modul. Pemilihan dan penyusunan, pokok bahasannya dikembangkan dengan berpedoman pada kaidah-kaidah Sistem Pendidikan Guru berdasarkan kompentensi (CBTE dan PBTE). Sistem pengajaran Modul Kependidikan (SPMK) ini juga telah didesain untuk memungkinkan mahasiswa belajar secara aktif (student active learning) dan mandiri (self instructional).

Perangkat sistem pengajaran modul ini telah diujicobakan dalam perkuliahan Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) di berbagai Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) Prof.Dr.H. Abin Syamsuddin Makmun, M.A. telah menyusunnya untuyk anda, para dosen mahasiswa LPTK, sekaligus menawarkan konsep baru pengajaran Psikologi Kependidikan.







  
DATA BUKU

Judul                            : Psikologi pendidikan
No. ISBN                      : 978-602-7874-27-5
Penulis                         : Muhammad Irhan & Novan Ardy Wiyanti
Penerbit                       : AR-RUZZ MEDIA
Tanggal terbit             : 2013
Jumlah Hlm                 : 328 halaman
Harga buku                  : -
Oleh                            : Arif Prasetyo



Buku ini berisi tentang teori dan aplikasi dalam proses pembelajaran yang mengajarkan kepada anak didik dalam setiap proses pembelajarn dikelas maupun pembelajarn diluar kelas guru juga bertanggung jawab dalam kegiatan dan pembelajaran murid-murid nya di antara tanggung jawab guru adalah membantu siswa agar dapat belajar dengan baik dan memperoleh prestasi yang lebih baik. Makanya, siswa yang mengalami permasalahan dalam belajar menjadi tugas tersendiri bagi guru yang menangani dan menyelesekainnya.
Di sinilah urgensi guru mengusai bidang psikologi pendidikan, yaitu pandai menerapkan prinsip dan pengetahuan psikologis demi membantu siswa yang memiliki karakteristik beragam untuk memperoleh pengalaman belajar yang maksimal dalam membangun kepribadian, kematangan, dan kedewasaan.
Psikologi pendidikan adalah sebuah studi yang sistematis tentang psikologi yang membahas dan mempelajari anak didik dalam situasi dan lingkungan pendidikan.
Pembahasannya mencakup proses belajar mengajar, terutama bagaimana seharusnya siswa belajar, guru mengajar, serta bagaimana proses belajar dan mengajar seharusnya dilaksanakan. Seorang guru juga diminta turut aktif dalam setiap proses pembelajaran agar murid yang berada didalam kelas tidak cepat merasa bosan karena guru nya tidak mempunyai potensi dalam mengajar, guru haruys membekali dirinya sendiri untuk terjun ke dunia pendidikan, supaya peserta didik juga dengan senang menerimak seorang guru yang tidak membosankan jika sedang mengajar didalam kelas.
Guru perlu menguasai aspek psikologi pendidikan karena dalam proses dan penerapan pembelajaran tidak pernah pernah sepi dari permasalahan, terutama rendahnya prestasi belajar siswa. Dengan demikian, psikologi pendidikan berperan penting dalam mendampingi dan membimbing guru dalam mencapai keberhasilan proses pembelajaran.

Kekurangan: isi dalam bukunya terlihat sangat monoton yang hanya berisi tulisan tulisan, coba penulis untuk melengkapi dengan gambar atau sebagainya.

Kelebihan: buku ini terdapat bagaimana cara atau proses belajar di dalam kelas jadi untuk yang ingin tau bagaimana mengajar di dalam kelas beserta teorinya buku ini sudah cukup baik dari segi pembelajaran nya.





 

DATA BUKU

Judul                            : PSIKOLOGI PENDIDIKAN
No. ISBN                      : 9979-8418-00-X
Penulis                         : SUGIHARTONO Dkk.
Penerbit                      : UNY Press
Tanggal terbit             : 2007
Jumlah Hlm                 : 192 lembar
Harga buku                  : -
Oleh                             : Arif Prasetyo

Buku yang berjudul “Psikologi Pendidikan ” merupakan buku yang disusun oleh Sugihartono, Kartika Nur Fathiyah, Farida Harahap, Farida Agus Setiawati dan Siti Rohmah Nurhayati. Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan. Dalam psikologi pendidikan dibahas berbagai tingkah laku yang muncul dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan. Whiterington (1978) mendefinisikan psikologi pendidikan sebagai studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor kejiwaan yang berhubungandengan pendidikan manusia.
Tujuan disusunnya buku ini adalah:
1.Memberikan informasi tentang psikologi pendidikan
2.Mengetahui sikap guru yang profesional
3.Mengetahui gejala-gejala yang menghambat perkembangan belajar siswa
Manfaatnya adalah agar mahasiswa yang akan menjadi calon guru mempunyai bekal untuk mengajar. Dan juga mengetahui gejala-gejala yang dialami peserta didik dan mampu mengetahui jenis kendala tersebut.
Pada buku “Psikologi Pendidikan “ terdiri dari 6 bab :

BAB I Pendahuluan
BAB II Bentuk-bentuk gejala jiwa dalam pendidikan
BAB III Perbedaan individual
BAB IV Belajar dan Pembelajaran
BAB V Pengukuran dan hasil belajar
BAB VI Diagnostik kesulitan belajar
Psikologi pendidikan ialah ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan. Dalam psikologi pendidikan dibahas sebagai tingkah yang muncul dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan.

Pada dasarnya psikologi pendidikan mempelajari seluruh tingkah laku manusia yang terlibat dalam proses pendidikan. Manusia yang terlibat dalam proses pendidikan ini ialah guru dan siswa, maka objek yang dibahas dalam psikologi pendidikan adalah tingkah laku siswa yang berkaitan dengan proses belajar dan tingkah laku guru yang berkaitan dengan proses pembelajaran.

Kelebihan :

Dalam buku ini adalah dalam segi penggunaan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca karena beliau menggunakan bahasa yang sederhana dalam proses penulisannya, Selain itu kelebihan buku ini adalah memaparkan konsep dan teori-teori belajar-mengajar yang cukup jelas, Buku ini sangat dianjurkan untuk dibaca bagi mahasiswa jurusan psikologi maupun mahasiswa jurusan pendidikan. Buku ini berhasil merekam jejak pendidikan psikologi. Sebuah ilmu yang berusaha memadukan keunggulan ilmu psikologi dan ilmu pendidikan. Sekaligus mempelajari penerapan teori-teori psikologi dalam bidang pendidikan. Dengan memunculkan gagasan berbagai tokoh yang intens membahas tentang psikologi pendidikan, buku ini terasa mengakar dan layak dijadikan referensi untuk perkembangan dunia pendidikan kejiwaan.

Kekurangan :

Buku ini adalah pembaca tidak menemukan satu pun ilustrasi/gambar yang membantu mendekripsikan konsep yang akan diuraikan berkenaan dengan hal belajar-mengajar.






 

DATA BUKU
Judul buku                   :Psikologi Pendidikan
Nama penulis              : Dr. Nyanyu Khodijah, S.Ag., M.Si
Nomor ISBN                :978-979-769-680-1
Penerbit                      : RajaGrafindo Persada
Cetakan                       : Ke-2
Tahun                          : 2014
Jumlah halaman         : 224 halaman
Oleh                             : Arif Prasetyo

Buku ini membahas mengenai psikologi pendidikan, termasuk elemen penting dalam aktivitas pendididkan. Uraian pembahas dibagi dalam 15 bab, dimulai dari paparan psikologi secara garis besar kemudian masuk kepada pembahasan psikologi pendiddikan (terkait dengan definisis ruang lingkup, kegunaan pendekatan, dan metode penelitian dalam psikologi pendidikan), lalu pembahasan tentang belajar teori-teori tentang belajar, motivasi belajar hingga kepada pembahasan gaya strategi belajar dan evaluasi hasil belajar.
Pembahasan dalam buku ini tidak hanya membahas berbagai hal terkait psikologi pendidikan menyangkut definisi ruang lingkup metode , objek penelitan, kegunaan dan lain-lain, melainkan juga memasukan beberapa pembahasan terkait dengan elemen-elemen atau aspek-aspek di dalam kegiatan pendidikan. Isi konten naskah ini telah mengakomodir kebutuhan bahan ajar mata kuliah psikologi pendidikan di aman mata kuliah ini mempelajari tentang proses-proses dan faktor-faktor psikologis yang berhubungan dengan pendidikan manusia, Materinya melipputi konsep dasar psikologi pendidikan, gejala-gejala kejiwaan (motivasi dan lain sebagainya) perbedaan individu, belajar dan pembelajaran, serata evaluasi hasil belajar.
Pemakaian bahasa dalam buku psikologi pendidikan secara keseluruhan sudah menggunakan EYD yang baik dan benar.
Kelebihan buku :

Kelebihan buku psikologi pendidikan sangat jelas untuk menjelaskan kepada mahasiswa mengenai mata kuliah psikologi pendidikan. Mahasiswa dengan mudah memahami materi yang disebutkan di dalam buku tersebut.


Kekurangan buku :

Kekurangan buku psikologi pendidikan adalah tidak ada gambar maka mahasiswa sulit untuk memahaminya






DATA BUKU :
Judul Buku                    : PSIKOLOGI PENDIDIKAN 1
Nama Pengarang         : Drs. H. Sukirin
Nama Penerbit            : Perc. Studing Yogyakarta
Tahun Tebit                  : 1986
Tahun Cetak                : Cetakan pertama Desember 1986
Jumlah Halaman         : 94 halaman
Oleh                              : Arif Prasetyo


Psikologi Pendidikan 1

Buku ini terdiri dari beberapa bab yaitu:
Bab 1 ( Kedudukan Psikologi Pendidikan dalam Ilmu Pendidikan dan
Psikologi )
Buku ini secaa garis besar menguraikan apa makna dari psikologi
pendidikan, dimulai dari kedudukan psikologi pendidikan itu sendiri
dalam ilmu pendidikan dan psikologi juga menjelaskan mengenai
pengertian pendidikan, psikologi juga membicarakan mengenai
psikologi umum. Buku ini dibuat dengan konsep ber jilid, buku yang
akan saya resensi ini merupakan buku jilid 1.
Pada bab ini dijelaskan kedudukan psikologi pendidikan dalam kerangka
ilmu pendidikan dan psikologi. Pada bagian psikologi pendidikan
sebagai cabang ilmu pendidikan, san penulis memberikan penjelasan
bahwa psikologi pendidikan adalah bagian dari ilmu pendidikan yang
merupakan perpaduan antara ilmu pendidikan dan juga psikologi.
Dimana didalam buku ini dijelaskan pula bahwa psikologi pendidikan
adalah ilmu yang menopang proses pendidikan. Disini juga dijelaskan
bahwasanya psikologi pendidikan ditujukan untuk mempermudah proses
belajar atau bisa di katakana pula bahwa psikologi pendidikan adalah
pendekatan psikologis terhadap pendidikan.Sedangkan, pada kedudukan
pendidikan sebagai cabang psikologi disini dijelaskan oleh penulis
bahwasanya Dahama dan Bhatnagar beranggapan bahwa psikologi
pendidikan itu adalah cabang khusus dari psikologi umum. Namun pada
akhirnya dari 2 poin kedudukan psikologi pendidikan di atas dapat
disimpulkan bahwa di antara kedua poin tersebut tidak perlu
dipertentangkan dan keduanyapun dapat bergerak tanpa perlu saling
menunggu dan saling menganggap bahwa psikologi pendidikan itu
merupakan bidang kerjanya.

Bab 2 ( Pengertian pendidikan )
Pada bab ini dapat diambil kesimpulan, yang mana makna definisi
pendidikan ini saya kutip dari kata-kata penulis bahwasanya pendidikan merupakan arahan perkembangan kepribadian manusia menuju ke tujuan
akhir hidup kemanusiannya, yaitu kebahagiaan dunia dan akhirat.
Bab 3 ( Pengertian Psikologi)
Di bab ini dijelaskan perbedaan penyebutan untuk bidang psikologi,
manakah yang lebih tepat antara mnyebut psikologi dengan ilmu jiwa
atau dengan psikologi. Rupanya terdapat perbedaan bahwa ilmu jiwa
lebih mengarah kepada seluruh hal yang berkaitan dengan kejiwaan,
sedangkan psikologi hanyalah membicarakan hal kejiwaan tersebut dari
segi ilmiah nya. Dan dari bacaan dapat disimpulkan bahwa psikologi
maupun ilmu kejiwaan adalah ilmu yang membahas sesuatu dengan
metode ilmiah yang bersifat positif.
Bab 4 (Psikologi Umum)
Pada bab ini dijelaskan mengenai psikologi umum dimana psikologi
umum merupakan cabang psikologi yang lebih membahas pada tingkah
laku manusia, namun makna dari psikologi umum ini sendiri akan lebih
lebih jelas terlihat jika dilihat dari materi gejala kejiwaan yang dibahas,
seperti yang saya kutip dari buku, antara lain: pengamatan, tanggapan,
daya ingat, fantasi, berpikir, gejala-gejala kehendak, perasaan, perhatian,
sugesti, kecerdasan, dan watak.

Kelebihan buku:
Buku ini memiliki tatanan bahasa yang baik juga mudah untuk
dipahami. Di dalam buku ini juga terdapat gagasan seorang ahli yang
dapat dipercaya yang dapat menambah kemantapan kita dalam mencari
makna. Selain itu, buku ini juga memudahkan orang-orang dalam
memhami makna psikologi pendidikan itu sendiri.
Kekurangan buku:
Buku ini mungkin terlalu menjenuhkan dengan tidak adanya ilustrasi
yang dapat lebih mewarnai atau membuat menarik buku. Model
hurufnya juga memperlihatkan bahwa buku ini adalah buku cetakan
lama, mungkin kedepannya buku ini bisa dicetak ulang kembali dan menyesuaikan model bacaan zaman sekarang agar lebih banyak yang
tertarik pada buku ini.






DATA BUKU

Judul                            : Psikologi Belajar
No. ISBN                      :
Penulis                         : Drs. H. Abu Ahmadi
Penerbit                       : Rineka Cipta
Tanggal terbit              : 2013
Jumlah Hlm                 : 244 halaman
Harga buku                  : Rp. 52.000-,
Oleh                            : Arif Prasetyo


Dalam setiap buku, novel dan lainnya terdapat resensi yang berupa keunggulan dan kelemahan suatu buku. Adapun resensi buku “Psikologi Belajar”:
Psikologi anak luar biasa adalah ilmu jiwa yang mempelajari sifat-sifat karakteristik anak berkelainan. Kelainan yang dimaksud kelainan fisik cacat tubuh/mental (terbelakang mental) kelainan pendengaran dan sosial (tuna laras), kelainan pada syaraf otak (CP) dan cacat tubuh yang lain.adapun masalah kedudukan psikologi anak luar biasa dengan psikologi yang lain terutama hubungan dengan psikologi umum tentang gejala jiwa yaitu, Psikologi perkembangan mempelajari perkembangan dan pertumbuhan anak sejak sebelum lahir sampai masa remaja, termasuk anak berkelainan, Psikologi pendidikan mempelajari cara-cara dan hasil belajar anak yang berkelainan, Psikologi abnormal mempelajari tingkah laku yang menyimpang dari norma-norma yang ada. Dan peranan guru yang telah tercantum dalam buku psikologi belajar ialah sebagai pembimbing dituntut untuk mengadakan pendekatan bukan saja melalui pendekatan intruksional akan tetapi dibarengi dengan pendekatan yang bersifat pribadi (personal ap-roach) dalam setiap proses belajar mengajar berlangsung. Dalam buku psikologi belajar pun terdapat faktor yang dapat mempengaruhi Prestasi Belajar seseorang yaitu faktor internal terlebih dahulu  yang pertama Faktor Jasmaniah (fisiologi) baik yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh.
Yang kedua Faktor psikologis baik yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh dari kecerdasan bakat ,sikap, kebiasaan, kebutuhan, motivasi, emosi, dan penyesuaian diri.
Yang ketiga faktor kematangan fisik maupun psikis. Dan, yang keempat yaitu faktor lingkungan spiritual atau keamanan. Dan pula terdapat pengajaran perbaikan atau remedial teaching adalah suatu bentuk pengajaran yang bersifat menyembuhkan atau membetulkan,atau dengan singkat pengajaran yang membuat menjadi lebih baik maka redial teaching itu adalah bentuk khusus pengajaran yang berfungsi untuk menyembuhkan, membetulkan atau membuat menjadi lebih baik. Adapun tujuan dari remedial teaching yaitu agar siswa dapat memahami dirinya khususnya prestasi belajarnya, dapat memperbaiki cara belajar kearah yang lebih baik, dapat mengembangkan sikap dan kebiasaan yang dapat mendorong tercapainya hasil yang lebih baik, dapat melaksanakan tugas-tugas belajar yang diberikan kepadanya. Dalam setiap masing-masing siswa memliki cara belajar yang berbeda dan inilah cara belajar siswa yang sering mereka gunakan dalam kesehariannya yaitu ekplorasi, coba-coba, rasa tidak senang, rasa gembira, imitasi, pertisipasi, komunikasi. Tidak hanya cara belajar yang bervariasi dalam buku ini pun membahas kesulitan-kesulitan belajar siswa karena kemampuan bahasa sangat kurang, kemampuan berpikir abstrak kurang, kurangnya kedua hal tersebut karena kurang latihan dan perhatian dari lingkungan keluarganya, kemungkinan juga guru bahasa kurang memperhatikan kemampuan anak dalam verbalisasi. Psikologi belajar pun memiliki evaluasi, dan tujuan umum diadakannya evaluasi yaitu untuk mengumpulkan data-data yang membuktikan taraf kemajuan murid dalam mencapai tujuan yang diharapkan, memungkinkan pendidik/guru menilai aktivitas yang didapat, menilai metode mengajar yang dipergunakan. Dan tujuannya khusunya adalah untuk merangsang kegiatan siswa, menemukan sebab-sebab kemajuan atau kegagalan, memberiakan bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan, perkembangan dan bakat siswa yang bersangkutan, memperbaiki mutu pelajaran/cara belajar dan metode belajar. Buku Psikologi belajar pun terdapat cara belajar siswa aktif dalam proses belajar mengajar dan CBSA sendiri memiliki konsep yaitu suatu proses kegiatan belajar mengajar yang subjek didiknya terlibat secara intelektual dan emosional sehingga objek didiknya betul-betul berperan dan berpartisipasi aktif dalam melakukan kegiatan belajar. Dilihat dari subjek didiknya CBSA merupakan proses kegiatan yang dilakukan siswa dalam rangka belajar. Dalam segi guru pengajar maka CBSA merupakan bagian strategi mengajar yang menuntut keaktifan optimal subjek didik. Dan CBSA dapat diartikan salah satu cara strategi mengajar yang menuntut keaktifan dan partisipasi siswa seoptimal mungkin, sehingga mampu mengubah tingkah laku siswa secara lebih efektif dan efisien. Dan kesimpulan menurut Kohler dan Wertheimer menyatakan bahwa siswa yang belajar harus dapat memperoleh pemahaman daripada hubungan antara bagian-bagian dan keseluruhan. Dan menurut Teori Lewin ia menjelaskan bahwa tingkah laku belajar merupakan usaha untuk mengadakan reorganisasi atau restruktur. Kelebihan dalam buku Psikologi belajar ini dalam setiap Babnya di jelaskan untuk setiap sub babnya masing-masing sehingga membuat kita semakin jelas dan terdapat kesimpulannya sehingga mempermudah kita untuk mengerti dalam setiap bab tanpa harus membaca materi yang sebenarnya mungkin kalau membaca materi sebenarnya terlihat lebih banyak dan malas untuk membacanya. Dan buku ini pun menurut saya tidak memiliki kekurangan karna sudah diperjelas dalam setiap materi per bab.




 

DATA BUKU

Judul                    : Psikologi Kepribadian
No. ISBN              : 978-602-229-156-5
Penulis                : Ki Fudyartanta
Penerbit              : Pustaka Pelajar
Tanggal terbit    : Desember 2012
Jumlah Hlm        : 459 halaman
Harga buku         : -
Oleh                     : Arif Prasetyo

Psikologi Kepribadian
Berbagai Pendekatan: Eksistensial, Trait (Sifat), Teori Medan, Faktorial, Stimulus Respon (SR) dan Biobudaya Religius
            Buku yang ditulis oleh Ki Fudyartanta berjudul “Psikologi Kepribadian Berbagai Pendekatan: Eksistensial, Trait (Sifat), Teori Medan, Faktorial, Stimulus Respon (SR) dan Biobudaya Religius” berisi XIX bab.
         Bab 1 membahas psikologi kepribadian eksistensial; bab 2 membahas psikologi kepribadian konstitusional dari Sheldon; bab 3 membahas teori medan kepribadian; bab 4 membahas teori sifat kepribadian; bab 5 membahas teori factor kepribadian dari Cattell; bab 6 membahas teori kepribadian S-R dari Dollard dan Miller; bab 7 membahas perbandingan teori-teorikepribadian; bab 8 membahas studi psikologi timur; bab 9 membahas teori kepribadian Abhidhamma; bab 10 membahas teori kepribadian Jen dari Hsu; bab 11 membahas selayang pandang gerakan kebatinan Indonesia; bab 12 membahas teori kepribadian Kramadangsa; bab 13 membahas teori kepribadian pancasila-wawasan ideologis-filosofis pancasila; bab 14 membahas teori biobudaya-religius; bab 15 membahas ringkasan bahagian kedua; bab 16 membahas teori psikologi kepribadian hindu; bab 17 membahas teori psikologi kepribadian tionghoa; bab 18 membahas teori psikologi kepribadian sasangka jati; bab 19 membahas berbagai bagan kepribadian.
            Buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi siapa saja yang ingin mempelajari psikologi kepribadian, baik bagi para mahasiswa psikologi kepribadian, baik para mahasiswa psikologi khususnya dan pembaca umumnya.
            Dalam  buku ini, penulis juga mengajukan tambahan pendekatan baru, ialah pendekatan biobudaya religious untuk mempelajari kepribadian manusia.
            Kelebihan buku : Buku ini menjelaskan secara rinci teori-teori psikologi kepribadian dan memberi pemahaman kepada kita tentang psikologi kepribadian
               Kelemahan buku : Buku ini isinya menggunakan kalimat yang tinggi sehingga sebagian kalangan masih kesulitan dalam memahami kalimat itu.




 

DATA BUKU

Judul                    : Psikologi Perkembangan
No. ISBN              : 979-3304-58-8
Penulis                : Hendriati Agustiani
Penerbit              : PT Refika Aditama
Tanggal terbit    : Juli 2009
Jumlah Hlm        : 235 halaman
Harga buku         : -
Oleh                     : Arif Prasetyo

Psikologi Perkembangan
Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja
           Buku yang ditulis oleh Dr. Hendriati Agustiani, seorang pengajar tetap pada Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran sejak 1986 sampai dengan sekarang. Buku yang berjudul “Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja)” berisi enam bab.
          Buku ini menjelaskan tentang proses kehidupan manusia merupakan proses yang berkelanjutan yang akan melewati berbagai periode kehidupan. Beberapa periode kehidupan manusia diantaranya balita, anak-anak, remaja, dewasa, dan lansia. Dalam proses kehidupannya, manusia senantiasa berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.
            Proses perkembangan manusia memberi pengaruh baik dan buruk. Seorang balita yang belum bisa berjalan, kemudian bisa berjalan merupakan pengaruh yang baik. Lain halnya dengan seorang anak remaja yang mencoba mencari jati dirinya dengan cara tawuran dan narkoba merupakan pengaruh yang buruk. Oleh karena itu, selain diperlukannya penyesuaian diri terhadap lingkungan, peran orang tua dalam memberikan bimbingan dan pendidikan kepada anaknya sangatlah penting.
            Buku ini menyorot perkembangan remaja dari sudut pandang psikologi yang erat kaitannya dengan pendekatan orang tua. Berbagai perubahan fisik dan perilaku pada diri remaja, serta pendekatan orang tua dan guru terhadap remaja disajikan dalam buku ini.
            Kelebihan buku : Halaman sampul buku ini menarik dan pembahasan dalam buku ini sesuai dengan judulnya. Buku ini memaparkan pendekatan orang tua dan guru terhadap remaja.
          Kelemahan buku : Ada beberapa kata-kata yang sulit dipahami hanya dengan sekali baca, oleh karenanya harus dibaca ulang supaya dapat memahami makna yang dimaksud.





DATA BUKU

Judul                    : Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran
No. ISBN              : 979-526-242-4
Penulis                : Hamzah B. Uno
Penerbit              : PT Bumi Aksara
Tanggal terbit    : November 2008
Jumlah Hlm        : 232 halaman
Harga buku         : -
Oleh                     : Arif Prasetyo

Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran

        Buku yang ditulis oleh Hamzah B. Uno berjudul “Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran” telah mencapai cetakan yang ketiga. Pembelajaran merupakan upaya membelajarkan siswa untuk membelajarkan seseorang, diperlukan pijakan teor agar apa yang dilakukan guru, dosen, pelatih, instruktur maupun siapa saja yang berkeinginan untuk membelajarkan orang dapat berhasi lengan baik. Ada dua pijakan teori yang dapat dijadikan pegangan agar pembelajaran berhasil dengan baik. Kedua teori tersebut adalah teori belajar yang bersifat deskriptif. Teori ini memberikan bagaimana seseorang melakukan kegiatan belajar. Teori belajar yang banyak diterapkan oleh para ahli pembelajaran itu meliputi teori behavisioristik, teori kognitivistik, teori humanistic, dan teori belajar sibernetik. Bahkan belakangan berkembang teori konstruktivistik. Semua teori belajar ini dipaparkan secara detai oleh penulis yang dikenal sebagai doctor dalam bidang teknologi pembelajaran.
      Pijakan teori kedua yang dipaparkan pada buku ini adalah teori pembelajaran atau teori preskriptif. Teori ini memerikan bagaimana seseorang memengaruhi atau mendesain lingkungan belajar agar seseorang tertarik untuk belajar. Pemikiran para pakar pembelajaran seperti Gagne, Reigeluth, Merrill, Romizozki, Dick and Carey, Andreson, Landa serta pakar lainnya banyak diuraikan dalam buku ini sehingga membantu kita untuk mendisain pembelajaran dengan baik.
          Dalam buku ini, juga diberikan contoh-contoh terapan berbagai teori, baik teori belajar maupun teori pembelajaran yang mudah dipahami bukan saja oleh perancang pembelajaran, tetapi mahasiswa baik S-1, S-2, S-3, guru SD sampa SLTA/SMK, Instruktur dalam lembaga pelatihan, apalagi dosen perguruan tinggi akan sangat terbantu dengan buku ini.
           Kelebihan buku : Kelebihan buku ini adalah memberikan penjelasan, informasi dan wawasan mengenai pendidikan, psikologi dan pembahasan-pembahasan yang menyertainya.
       Kelemahan buku : Selain kelebihan diatas, dalam buku ini masih ada kekurangan. Seperti sampul depan yang begitu sederhana menjadikannya kurang begitu menarik minat membaca.








 
DATA BUKU

Judul                    : Pedagogik (Ilmu Mendidik)
No. ISBN              : 978-602-8361-84-2
Penulis                : Uyoh Sadulloh. dkk
Penerbit              : ALFABETA, cv
Tanggal terbit    : Maret 2011
Jumlah Hlm        : 214 halaman
Harga buku         : -
Oleh                     : Arif Prasetyo

Pedagogik (Ilmu Mendidik)

           Lapangan pendidikan merupakan wilayah yang sangat luas. Ruang lingkupnya mencakup seluruh pengalaman dan pemikiran manusia tentang pendidikan. Setiap orang pernah mendengar tentang perkataan pendidikan, dan setiap orang waktu kecilnya pernah mengalami pendidikan, atau setiap orang sebagai orang tua, guru, telah melaksanakan pendidikan. Namun tidak setiap orang mengerti apa arti yang sebenarnya pendidikan itu, dan tidak setiap orang mengalami pendidikan ataupun menjalankan pendidikan sebagaimana mestinya. Karena itu untuk memahami seluk beluk pendidikan kita perlu mempelajari ilmu pendidikan.
            Pedagogik merupakan ilmu yang membahas pendidikan, yaitu ilmu pendidikan anak. Jadi pedagogic mencoba menjelaskan tentang seluk-beluk pendidikan anak, pedagogik merupakan teori pendidikan anak. Pedagogik sebagai ilmu sangat dibutuhkan oleh gguru. Tugas guru bukan hanya mengajar untuk menyampaikan, atau mentransformasikan pengetahuan kepada para anak disekolah, melainkan guru mengemban tugas untuk menembangakan kepribadian anak didiknya secara terpadu. Guru mengembangkan sikap mental anak, sehingga ia (anak) akan sensitive terhadap masalah-masalah kemanusiaan, harkat derajat manusia, dan menghargai sesame manusia. Begitu juga guru harus mengembangkan keterampilan anak, keterampilan hidup dimasyarakat sehingga ia mampu untuk menghadapi segala permasalahan hidupnya.
            Buku ini dirasa sangat penting dipelajari semua orang, terutama calon guru.
         Kelebihan buku : Kelebihan dari buku ini ialah secara keseluruhan buku ini sudah memaparkan setiap judul dengan jelas dan diikuti dengan pemberian contoh yang memudahkan memahami isi materi yang disampaikan
                 Kelemahan buku : Kelemahan buku ini ialah halaman sampul yang sangat sederhana dan ada beberapa kalimat yang sulit dipahami oleh sebgaian kalangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

resensi buku psikologi pendidikan karya ngalim purwanto

Judul Buku : Psikologi Pendidikan Nama Penulis : Drs. M. Ngalim Purwanto,MP. Jumlah halaman :169 Halaman Nomor ISBN : 979-514-036-1 Tempat Terbit : Bandung Penerbit : PT Remaja Rosdakarya Tahun Terbit : 2013 Buku Psikologi Pendidikan ini terdiri dari IX Bab yaitu sebagai berikut. BAB I Pada bab 1 ini berisi tentang pengertian psikologi. Psikologi diterjemahkan menjadi ilmu jiwa Yakni dari kata psyche yang berarti jiwa, roh, dan logos yang berarti ilmu. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku

resensi buku psikologi pendidikan karya Nyanyu Khodijah

Judul buku :Psikologi Pendidikan Nama penulis : Dr. Nyanyu Khodijah, S.Ag., M.Si Nomor ISBN :978-979-769-680-1 Penerbit : RajaGrafindo Persada Cetakan : Ke-2 Tahun : 2014 Jumlah halaman : 224 halaman